JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Buktikan Keberpihakannya  Pada UMKM, MPC Pemuda Pancasila Karanganyar Jajan di Warung PKL Senilai Rp 20 Juta

Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tak mau hanya sebatas kata-kata,  apalagi hanya ada dalam berita tanpa aksi nyata, Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kabupaten Karanganyar melakukan gerakan “Jajani Warung PKL”, Sabtu (16/10/2021).

Uang sebesar Rp 20 juta dipakai untuk jajan bersama 500 orang anggota PP di sepanjang warung kaki lima Alun-alun Karanganyar.

Tak pelak, aksi peduli nyata UMKM dari PP tersebut spontan mendapat sambutan luar biasa dari hampir 120 warung tenda yang ada di komplek Alun-alun Karanganyar.

Para pedagang merasa ketiban bulan karena dagangannya laris manis semua dibeli secara merata tanpa terkecuali.

Ketua MPC PP Karanganyar Disa Ageng Alifen mengatakan aksi jajan ini sebagai bentuk peduli nyata keprihatinan terhadap pelaku UMKM dalam hal ini pada pedagang kaki lima di Karanganyar.

Baca Juga :  Breaking News: Polda Jateng Tangkap 2 Wanita Cantik Bandar Arisan Online Bodong. Korban Ratusan Orang, Kerugian Rp 4 Miliar Lebih

“Kami ingin membuktikan bahwa membantu itu tidak ribet selama ada kemauan seperti aksi jajani PKL ini spontanitas saja habisnya Rp 20 juta,” ungkapnya.

Apalagi menurut Disa yang jajan ini hanya 500 orang sebagian kecil anggota PP dari jumlah keseluruhan sebanyak 20.000 orang anggota resmi yang memiliki KTA.

Jika semua dikerahkan untuk jajani PKL seminggu sekali sebanyak 500 orang tentu akan sangat bermanfaat bagi PKL.

“Kita ketahui pandemi Covid-19 ini kiranya sudah jutaan orang menyebut kata UMKM tapi kepedulian itu harus diwujudkan semampu kita dan bukan hanya berakhir dengan kata-kata,” tandasnya.

Untuk itu Disa mengakui sedang memprogram untuk jajan rutin bagi seluruh anggota PP namun digilir secara bertahap dan tempatnya terpencar agar merata bukan di satu tempat saja.

Baca Juga :  DPRD Karanganyar Cium Modus Akal-akalan Perusahaan Mau Buang Buruh. Diduga Sengaja Ciptakan Kondisi Agar Karyawan Nggak Betah dan Mundur Alon-Alon

Adapun indek jajan itu sudah ditentukan rata-rata komulatif sebesar Rp10.000 – Rp 30.000/orang sehingga jika sebanyak seribu anggota PP jajan bareng sama dengan membantu multipllier effect perputaran ekonomi lokal.

“Sudah kita programkan namanya touring jajani PKL sehingga nanti rutin seminggu sekali akan ada ratusan anggota PP jajan disatu tempat di Karanganyar,” ungkapnya.

Pada prinsipnya Disa ingin PP berbagi nyata dengan masyarakat sehingga sama-sama bisa dirasakan manfaat keberadaan PP yang ternyata sangat peduli wong cilik.

Sementara itu Anggota DPR-RI Paryono SH MH yang juga datang jajan seafood pada acara itu mengaku bangga dengan jiwa peduli nyata PP terhadap UMKM.

“Saya pikir ini program yang mulia karena dampaknya dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujarnya. Beni Indra

Bagi Halaman