JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Duh Formasi Guru Bahasa Inggris di Wonogiri Hanya Ada 5 Padahal Total 90 Guru yang Berminat Mendaftar di PPPK

Ilustrasi guru
Ilustrasi guru saat murid belajar di rumah. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dalam rekrutmen PPPK tahun ini sebenarnya Wonogiri mendapatkan jatah untuk formasi guru bahasa Inggris. Sayangnya formasi yang didapat ternyata terlalu sedikit.

Tercatat hanya ada lima formasi guru bahasa Inggris dalam PPPK tahun ini. Padahal total guru bahasa Inggris di Wonogiri ada 90 orang.

Berangkat dari fakta itu, para guru bahasa Inggris di Wonogiri akhirnya beraudiensi dengan DPRD dan Pemkab Wonogiri. Hasilnya, disepakati pengusulan formasi serupa tahun berikutnya. Dengan harapan tahun depan dibuka kembali rekrutmen PPPK.

Kelangkaan formasi guru bahasa Inggris tersebut keruan saja disayangkan kalangan guru. Pasalnya dianggap terlalu sedikit.

Salah satu guru bahasa Inggris dari Wonogiri Basuki Okto Gunanto, menyebutkan, dalam rekrutmen PPPK tahun ini hanya ada lima formasi guru bahasa Inggris yang dibutuhkan. Padahal saat ini ada sekitar 90 guru bahasa Inggris mulai dari tingkat SD hingga SMP yang berkeinginan mendaftar PPPK.

Baca Juga :  Ramadhan di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri, Target Khatam Alquran 20 Hari dan Berbagi Kebaikan

Beberapa waktu lalu perwakilan guru bahasa Inggris, ujar dia, sudah melakukan audiensi dengan Pemkab Wonogiri membahas soal kuota rekrutmen PPPK. Pihaknya berharap di 2022 mendatang diadakan rekrutmen PPPK lagi dan ada tambahan alokasi formasi untuk guru Bahasa Inggris.

“Kami juga meminta agar ada kemudahan untuk mengisi formasi selain mapel itu yang dilinearkan. Sebab, guru yang biasa mengajar mapel IPA bisa melamar formasi guru mapel prakarya,” ujar dia belum lama ini.

Harapan lainnya, agar mereka ke depannya bisa melamar di formasi guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pasalnya komputer yang digunakan untuk mendukung mapel itu menggunakan bahasa asing.

Koordinator Forum Guru dan Tenaga Kependidikan (FGTK) Wonogiri, Danu Eko Saputro menambahkan, para guru merasa jumlah formasi ini kontraproduktif dibandingkan lowongan guru PPPK yang berjumlah 3. 000 lebih.
Sebenarnya m tidak hanya guru Bahasa Inggris saja yang kekurangan formasi. Tapi, juga guru TK dan juga guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

Baca Juga :  Sajian Istimewa, Masakan yang Cocok Disajikan saat Lebaran 2024, Dijamin Menggugah Selera Tamu

“Makanya, pekan lalu lewat DPRD akhirnya bisa melakukan hearing dengan Pemkab. Kita tidak memilih untuk demo turun ke jalan, kami kedepankan komunikasi yang baik. Akhirnya difasilitasi Pemkab untuk hearing,” tegas Danu.

Dari informasi, dalam hearing itu usulan para guru adalah untuk tahun depan agar dilakukan rekrutmen PPPK serta diberikan tambahan formasi khususnya bagi guru Bahasa Inggris, PAI dan TK. Bahkan, usulan itupun disambut baik oleh Pemkab Wonogiri. Selain itu, kebutuhan guru dikaji ulang dan disesuaikan dengan kebutuhan lapangan. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com