JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kisah-Kisah Unik Vaksinasi Door to Door di Singopadu Sragen. Awalnya Takut-Takut Lalu Joget-Joget Sampai Kakek-Kakek Diwejang Bu Bidan Gegara Tiap Hari Hobi Minum Obat

Kakek asal Desa Singopadu, Sidoharjo, Sragen saat berjoget saking senangnya setelah divaksin dosis pertama dan ternyata tidak sakit. Awalnya dia ketakutan sampai tidak mau ikut vaksin. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Vaksinasi door to door di Desa Singopadu, Kecamatan Sidoharjo, Sragen Kamis (21/10/2021) pagi menyisakan cerita unik.

Tak hanya para lansia yang kepergok memejamkan mata karena sindrom ketakutan jarum suntik, tapi ada pula yang kegirangan setelah merasakan ternyata suntikan vaksin tak seseram yang dibayangkan.

Bahkan ada kakek di salah satu RT yang sampai joget-joget asolole setelah selesai disuntik vaksin dan ternyata tidak merasakan sakit.

“Awalnya kakek itu belum vaksin. Selain sudah tua, dia memang agak takut dengan jarum suntik. Tadi mereka kita sisir, kita datangi dan dikumpulkan di rumah Pak RT. Setelah disuntik, ternyata enggak sakit, dia langsung joget-joget. Saking senangnya sudah divaksin,” papar Sekdes Singopadu, Suyatno di sela mendampingi vaksinasi jemput bola di RT 5, desa setempat, Kamis (21/10/2021).

Menurutnya, langkah jemput bola dilakukan untuk memaksimalkan sasaran, terutama warga yang belum tervaksin karena berbagai kendala.

Sejak tanggal 14 oktober, tim gabungan dari petugas bidan, kader kesehatan bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas terjun menyisir warga yang tercecer belum vaksin.

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

“Hasilnya hari ini saja tadi ada 80 warga yang kita temukan belum vaksin. Mereka ada di 8 RT. Rata-rata karena usia lansia, sudah tidak kemana-mana, sampai alasan sakit atau barusaja sembuh positif. Tapi setelah kita berikan pemahaman dan edukasi, Alhamdulillah akhirnya mereka tergerak dan secara sukarela nau divaksin,” jelas Suyatno.

Dengan program door to door menyisir per RT itu diharapkan meningkatkan cakupan vaksinasi di desanya. Sehingga jumlah warga yang tervaksin semakin meningkat.

Sejauh ini, dengan 503 warga tervaksin dosis 2 hari ini dan 80an warga tercecer akhirnya tervaksin, total cakupan vaksinasi di Singopadu sudah mencapai kisaran 80 persen.

“Kita tiap hari terus menyisir terjun ke lapangan. Harapan kami semua warga bisa tervaksin, agar semakin sehat dan pandemi segera berakhir. Makanya prioritas kami, kita genjot vaksinasi,” tandasnya.

Sekdes Singopadu, Suyatno bersama tim Muspika saat memberikan motivasi ke lansia yang tercecer agar mau divaksin dalam kegiatan jemput bola, Kamis (21/10/2021). Foto/Wardoyo

Salah satu kakek asal RT 5, Tugiyo (70) yang disuntik di rumah Ketua RT, mengaku belum divaksin karena tidak ada yang mengantar. Untuk menjangkau ke Puskesmas, jaraknya terlalu jauh.

Baca Juga :  Media Sragen Terkini (MST HONGKONG), Grup Pertama yang Terdaftar di Kemenkumham dan Memiliki Anggota Terbanyak di Kota Sragen

Dia mengaku tidak sakit disuntik vaksin dan senang akhirnya sudah divaksin.

“Sebenarnya nggak takut, cuma kemarin enggak ada yang ngantar ke Puskesmas. Nggak sakit kok tadi,” ujarnya sumringah

Camat Sidoharjo Agus TP bersama tim Polsek Sidoharjo saat memotivasi kakek-kakek yang tiap hari hobi minum obat agar mau divaksin. Foto/Wardoyo

Sementara, Camat Agus Tri Pranoto dan Kapolsek Iptu Ari Pujiantoro juga tak ketinggalan memotivasi warga lansia yang belum divaksin agar tidak takut. Sebab vaksinasi juga demi meningkatkan imunitas dan kesehatan sendiri.

Di sisi lain, saat jemput bola di RT 5, ada satu kakek yang diberi wejangan oleh petugas kesehatan karena punya hobi tiap hari minum obat dan pil. Kakek itu mengaku kalau tidak minum obat merasa badannya tak nyaman untuk beraktivitas.

Kakek berusia lanjut itu kemudian diberi motivasi agar tidak tergantung obat sampai tiap hari mengkonsumsi obat. Karena hal itu justru bisa berdampak pada kesehatan. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com