JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kontes Toyota Kijang di Otrondolo Tremes Sidoharjo Wonogiri, Penggemar Mobil Lawas Ngumpul Ada TKCI TKSCI IKC hingga KISOC

Toyota kijang
Kontes Toyota Kijang di Otrondolo Tremes Sidoharjo Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Penggemar mobil lawas khususnya Toyota Kijang kotak lansiran lawas berkumpul di Kabupaten Wonogiri, Jateng, Minggu (24/10/2021). Mereka mengikuti kontes yang kali pertama digelar di Kota Gaplek tersebut.

Adalah Ototrondolo pihak yang menggelar kontes Toyota Kijang LSX dan LGX tahun 1992-1996 itu. Lokasi kegiatan di markas Otrondolo di Dusun Nunggulan RT 1 RW 3, Desa Tremes, Kecamatan, Sidoharjo, Wonogiri.

Tercatat ada 4 klub Toyota Kijang yang berpartisipasi dalam kontes itu. Yakni TKCI (Toyota Kijang Club Indonesia), TKSCI (Toyota Kijang Super Club Indonesia), IKC (Indonesia Kijang Club) dan KISOC (Kijang Super Owner Community). Sementara jumlah total peserta lebih dari 78 partisipan.

Ketua panitia Ringgo Sukatmo, menuturkan, peserta berasal dari Solo Raya, Pacitan, Ponorogo bahkan ada yang dan Tangerang. Ada tiga juri dalam kegiatan tersebut yakni Tri Handayani dari Jakarta, Priyambodo dari Klub Kijang Plat AD dan Bowo dari Karanganyar.

“Dengan aturan main setiap peserta wajib menyerahkan STNK, membuka kap mobil dan owner harus ada disamping ketika dilakukan penjurian,” jelas Ringgo.

Ada 2 kelas yang dilombakan yakni orisinal dan modifikasi. Setelah diadakan penjurian, dewan juri menetapkan sejumlah pemenang dari tiga kategori yakni interior, eksterior dan modif.

Baca Juga :  Wajib Tahu, ini 3 Pesan Kemenag Bagi Semua Jemaah Haji Indonesia

Mewakili Ototrondolo, Ringgo menjelaskan pihaknya siap membuka ruang bagi klub otomotif di Surakarta dan sekitarnya.

“Mau kontes monggo, mau kopdar monggo, kita mau menghidupkan dunia otomotif di Karesidenan Solo Raya dan sekitarnya,” beber Ringgo.

Sementara Suparno Parnaraya menuturkan Kabupaten Wonogiri baru pertama kali ini menggelar kontes Toyota Kijang. Ternyata banyak juga koleksi Toyota Kijang di Kabupaten Wonogiri. Yang ori banyak yang modifikasi jauh lebih banyak.

Suparno menyampaikan sesuai dengan jargon Ototrondolo yakni nguri-uri kendaraan tua, pihaknya siap mendukung dan memfasilitasi setiap giat otomotif di Kabupaten Wonogiri.
Dalam diskusi dengan beberapa anggota club, Suparno mendorong agar dari anggota klub Kijang dapat memiliki layanan perbengkelan seperti perbaikan mesin, bodi, interior dan audio. Harapan lebih jauh mekaniknya juga dapat memberdayakan putra-putra SMK jurusan otomotif di kawasan Kabupaten Wonogiri.

Tak hanya Toyota Kijang, Ototrondolo kedepan juga akan menggelar kontes bagi Suzuki Katana, Carry Bagong, Colt T, Corolla, Hardtop ,Honda Civic, dan kendaraan jadul lainnya.

Baca Juga :  Innalillahi, Mantan Bupati Wonogiri Oemarsono Meninggal Dunia Karena Sakit. Sempat Dirawat di Moewardi Solo

“Nanti di bulan Desember akan kami gelar kontes mobil jadul setiap minggunya,” terang Suparno.

Tak hanya memfasilitasi tempat, Ototrodolo juga menyediakan hadiah berupa piagam, piala dan uang pembinaan. Bahkan Suparno Parnaraya menawarkan sejumlah kerjasama dan dukungan yang langsung disambut oleh para anggota dengan penuh suka cita.

Suparno menambahkan giat tersebut juga dalam rangka mengeksplore Kabupaten Wonogiri.

“Kita kenalkan kepada masyarakat luar bahwa di Kabupaten Wonogiri ada tempat untuk ngumpul pecinta otomotif jadul dan juga dalam rangka Go Nyawiji Sesarengan Mbangun Wonogiri. Dengan acara ini ada banyak masyarakat yang ikut menikmati dampak secara ekonomi dengan cara berjualan di lokasi,” tandas pengusaha batik itu.

Hadir dalam giat tersebut tokoh masyarakat bertangan dingin asal Kecamatan Sidoharjo sekaligus owner Ototrondolo Suparno Parnaraya, Wakil Ketua Umum Paguyuban Keluarga Wonogiri (Pakari) Lesna Purnawan, General Manager Parnaraya Group Endang Istriningsih, Direktur salah satu perusahaan Multi Group Tukirin Hasto Utomo, Owner Ototrondolo Mistaryanto, Ketua Penyelanggara Ringgo Sukatmo dan tamu undangan lainnya. Aris

Bagi Halaman