JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Lalai Tuntaskan Api Tungku, Dapur dan Gandok Warga Sumberejo Sragen Ludes Terbakar. Pemilik Rumah Terluka

kebakaran
Ilustrasi Kebakaran
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Berhati-hatilah jika memadamkan tungku api di dapur. Sebab jika tak sampai tuntas, bisa berbuah malapetaka.

Seperti apa yang dialami warga Dukuh Duwet RT 5, Desa Sumberejo, Kecamatan Mondokan, Sragen, Suwarni (41). Rumahnya nyaris ludes dilalap si jago merah akibat kelalaiannya memadamkan api tungku.

Tak hanya itu, perempuan itu juga terpaksa harus menanggung luka bakar karena tersambar kobaran api saat berupaya melakukan pemadaman.

Data yang dihimpun di lapangan, kebakaran itu terjadi Sabtu (16/10/2021) dinihari sekitar pukul 01.40 WIB.

Cerita bermula ketika malam itu, korban habis memasak di dapur rumahnya. Ia memasak dengan menggunakan tungku dan kayu bakar.

Baca Juga :  Pra Popda Karisidenan Surakarta Digelar di Sragen, Sembilan Cabang Olahraga Dipertandingkan

Selesai memasak, tungku pun dimatikan dan kemudian korban bergegas tidur. Sayangnya, bara api di tungku rupanya tidak tuntas dipadamkan.

Sisa bara yang ternyata masih menyala, kemudian memanas dan memicu kobaran api. Kobaran api itu lantas dengan cepat berubah jadi dahsyat.

Api embakar kayu bakar yang ada di dekat tungku lalu merembet kedinding rumah jerami di dekatnya.

Mendapati hal itu, korban langsung terbangun. Karena panik melihat kobaran ia langsung berteriak minta tolong sembari berupaya memadamkan kobaran api.

Nahas upayanya memadamkan pakai tangan, justru membuat tangannya mengalami luka bakar. Beruntung, tak lama kemudian empat mobil pemadam kebakaran dari Sragen dan Gemolong langsung tiba di lokasi untuk membantu pemadaman.

Baca Juga :  Tingkatkan Pembangunan Desa Toyogo Sragen, Blesscon Kucurkan Dana CSR

Sekitar satu jam berjuang, tim akhirnya bisa menjinakkan api. Namun api sudah terlanjur menghanguskan dapur dan gandok atau rumah jerami.

“Ibu Suwarni mengalami luka bakar dan lecet di tangan sebelah kiri sewaktu memadamkan api. Namun audah langsung mendapat penanganan medis. Dapur dan rumah jerami yang terbakar. Pemicunya karena bara api tungku, diperkirakan tidak tuntas dimatikan sehingga memunculkan kobaran api,” papar Kades Sumberejo, Sentot Nugroho kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (18/10/2021).

Beruntung berkat kesigapan warga dan tim pemadam, api berhasil dicegah sehingga tak sampai merembet ke rumah sekitar. Kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com