JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Lebih Baik Awali Pagi dengan Minum Teh, Air Lemon, atau Kopi? Ini Penjelasan Pakar Nutrisi

Ilustrasi pilihan konsumsi teh, air lemon, atau kopi di pagi hari. Foto: Pixabay
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Aktivitas di pagi hari dapat menjadi penentu kelancaran kegiatan di sepanjang hari. Cara seseorang mengawali pagi bisa memberikan pengaruh yang besar bagi tubuh. Jika memulai pagi dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak tepat, maka kesehatan akan terganggu hingga jalannya aktivitas bisa terhambat.

Banyak orang memilih segelas teh, kopi, atau bahkan air lemon untuk mengisi perut kosongnya setelah terjaga semalaman. Masing-masing teguk minuman itu tentunya membawa dampak bagi kesehatan badan. Lantas, manakah pilihan minuman yang paling tepat?

Pakar nutrisi Keri Gans mengungkapkan, efek teh, kopi, atau air lemon akan berbeda sesuai kondisi tubuh dan pencernaan. Gans mencontohkan bahwa terdapat seseorang yang baik-baik saja setelah minum kopi di pagi hari, tetapi juga ada yang mengalami gangguan berarti.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

“Bagi sebagian orang, minum kopi dan teh saat perut kosong dapat menyebabkan mulas, gangguan pencernaan, atau mual karena dapat merangsang produksi asam di perut,” papar Gans sebagaimana dilansir dari Republika, Rabu (13/10/2021)

Saat dalam kondisi perut kosong timbul gejala yang kurang baik, ahli diet berlisensi itu memberikan saran agar mengonsumsi kopi atau teh setelah makan saja.Jika sesudah makan gejala itu masih berlanjut, maka memilih merek kopi atau teh dengan kandungan asam rendah bisa menjadi solusinya. Kopi tanpa kafein juga dijadikan alternatif untuk meminimalisir gejalanya.

Perlu diketahui bahwa tak hanya minuman berkafein yang dapat menyebabkan usus sedikit tertekan. Minuman nonkafein dengan tingkat pH tertentu mungkin memberikan efek samping serupa. Misalnya air lemon, karena pH minuman segar ini hampir sama dengan asam lambung tergantung takaran jus yang dikonsumsi.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Kendati demikian, Gans tetap menyarankan untuk tidak berhenti minum air lemon atau perasan jeruk. Kemungkinan besar, air hangat dengan sedikit irisan lemon disebutnya tidak akan menimbulkan efek samping yang berat.

Pilihan konsumsi minuman yang paling tepat jatuh kepada air putih. Sebagian besar ahli gizi menyarankan minum air putih biasa untuk rehidrasi dengan benar guna mengawali pagi. Permulaan hari yang tepat akan mengurangi hambatan aktivitas lebih cepat. Linda Andini Trisnawati 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com