JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Mahasiswa UKDW dan UNY Jadi Duta Bahasa DIY 2021

Pemilihan Duta Bahasa DIY / Istimewa
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Balai Bahasa Provinsi DIY kembali menggelar pemilihan Duta Bahasa 2021 untuk wilayah DIY.

Puncak acara yang berlangsung di Pendapa Agung Grand Rohan, Rabu (6/10/2021) ini telah memilih putra-putri terbaik yang dinobatkan sebagai Duta Bahasa DIY 2021.

Josse Darwanto Armando, mahasiswa Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta bersama Melvin Sekar Ayu Utami Wijaya, mahasiswa Universtitas Negeri Yogyakarta, berhasil menjadi Pemenang I dengan mengalahkan kontestan-kontestan lain.

Selanjutnya keduanya akan mewakili Provinsi DIY untuk mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional yang rencananya digelar 14-19 Oktober 2021 mendatang. Tantangan sudah menanti mereka dalam mengemban amanat sebagai duta bahasa.

Sebagai duta bahasa, Josse mengemban amanat untuk membantu pengembangan dan peningkatan literasi masyarakat.

Tak hanya itu, edukasi dan kampanye kebahasaan dan kesastraan di ruang publik pun tak kalah penting. Kampanye bahasa dapat dilakukan dengan berbagai hal mulai dari yang berbentuk produk niaga, kelas bahasa, seminar hingga pameran karya sastra.

Baca Juga :  Pura-pura Cari Tempat Laundry, Perempuan Asal Jabar Ini Curi Uang Rp 81 Juta di Bantul

Sebelum dinobatkan menjadi Duta Bahasa DIY, Josse telah melewati proses panjang. Josse tergabung dalam 160 pendaftar yang kemudian disaring menjadi 100 besar.

Jumlah tersebut kemudian dikerucutkan menjadi 30 finalis Duta Bahasa DIY. Mereka lantas menjalani karantina selama satu bulan.
Lebih lanjut ia berharap selama mengikuti program Duta Bahasa DIY dapat mengembangkan dan mewujudkan penggunaan bahasa yang baik dan benar. Ia juga berharap dapat menambah pengalamannya di bidang bahasa dan sastra di berbagai aspek kehidupan.

“Harapan saya dengan mengikuti program Duta Bahasa DIY adalah menjadi ahli dalam bidang bahasa sehingga dapat mengembangkan dan mewujudkan penggunaan bahasa yang baik dan benar. Selain itu, saya ingin memperbanyak ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan, serta memperoleh pengalaman yang baik terutama mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bahasa dan sastra di segala segi kehidupan. Sehingga nantinya dapat berperan aktif dalam pembangunan di daerah yang masih membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas,” papar Josse,” ungkap Josse.

Baca Juga :  Korsleting Saluran Freon AC, Bus PO Haryanto Ludes Terbakar, 10 Penumpang Selamat

Alasan mahasiswa Fakultas Teologi tersebut mengikuti pemilihan Duta Bahasa DIY tak terlepas dari hasratnya untuk terus mempelajari bidang yang sesuai dengan calon teolog. Ia juga mengaku memiliki minat yang tinggi terhadap bidang-bidang yang terkait dengan bahasa dan budaya.

Sambutan positif datang dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Informasi (WR 3) UKDW, Joko Purwadi, S.Kom., M.Kom, pasalnya tidak hanya Josse, Yudha Adi Putra mahasiswa Fakultas Teologi Angkatan 2019 yang turut mengikuti seleksi pemilihan Duta Bahasa DIY 2021 pun berhasil menjadi Pemenang IV.

“Prestasi Josse dan Yudha ini sangat luar biasa bagi UKDW, sesuai dengan motto profil mahasiswa ‘Tangguh, Unggul, dan Berprestasi’. Kami sebagai pimpinan berharap hal ini menjadi pendorong bagi seluruh sivitas akademika UKDW dalam mempersiapkan diri untuk ikut serta berkarya bagi bangsa Indonesia tercinta, mewujudkan Indonesia Maju dalam ‘Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045’ yang salah satunya sudah diteladankan oleh Josse sebagai Duta Bahasa DIY 2021,” ungkap Joko Purwadi. Sri Rejeki

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com