JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Masyarakat Diminta Waspada. November-Desember Curah Hujan Memuncak, Disertai Potensi Bencana

Sebab, bagaimana tidak banjir kalau semua penuh dengan aspal dan beton, pohon-pohon ditebang, sehingga peresapan air yang seketika itu menjadi terhambat.

“Inilah yang mengakibatkan bencana apabila hujan lebah dalam beberapa jam, dan lingkungan tidak bisa seketika meresap karena kerusakan alam. Maka penghijauan menjaga kelestarian lingkungan sangat-sangat tepat untuk mengurangi risiko ketidakmampuan lingkungan untuk segera meresapkan air yang datang seketika,” ungkap Dwikorita.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Henri Alfiandi mengatakan bahwa Potensi SAR yang utama untuk bisa mencapai target quick response.

Baca Juga :  Vaksin Booster, Bagaimana Cara Mendapatkannya? Berikut Ini Tahapannya

Dalam pidato Presiden Jokowi saat HUT RI 17 Agustus, kecepatan respon ini perlu ditambah, sehingga Basarnas harus lebih bekerjasama dengan para potensi SAR.

Dalam hal inilah, Henri merasakan bahwa keberadaan Baguna PDIP sangat membantu dalam penanganan bencana di daerah daerah.

“Selama ini kami mengandalkan TNI Polri, kami yakin PDIP dengan Baguna punya rantai komando yang sangat cepat dan mudah bagi Basarnas meminta bantuan atau menggerakkan. Ini menjadi sinergi yang baik,” jelasnya.

Henri juga meminta agar call center 115 diperkenalkan kepada masyarakat secara lebih luas.

Baca Juga :  Ditetapkan Sebagai Tersangka Suap, Hakim Itong Protes dan Bilang: Omong Kosong!

Sebab ia merasa masyarakat belum akrab dengan call center 115.

Padahal ini adalah inti dari mulai bergeraknya Basarnas memberikan pertolongan, melakukan olah data, serta melakukan gerak memberikan berikan pertolongan.

“Sebab kemampuan dan jumlah juga kita perhitungkan. Dengan adanya dampak besar bencana maka mau tak mau kita harus bekerja sama dengan potensi SAR di daerah. Maka 115 harus familiar bagi masyarakat,” tandas Henri. Agus Romdoni

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua