JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Profil Billy Beras, Pengusaha Kenamaan Asal Sragen yang Siapkan Bonus Rp 500 Juta untuk Tim Thomas Cup. Dikenal Getol Dukung Bulutangkis Nasional

Pengusaha beras ternama asal Sragen, Billy Haryanto alias Billy Beras saat bermain bulutangkis di GOR miliknya bersama tim pelatnas PBSI, Kamis (15/10/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Keberhasilan tim bulutangkis beregu putra Indonesia merebut kembali Piala Thomas 2021 di Denmark, membawa kebanggaan tersendiri.

Berbagai pihak menyambut bangga atas keberhasilan kontingen merah putih kembali merebut lambang supremasi bulutangkis beregu putra di dunia tersebut.

Salah satunya adalah Billy Haryanto alias Billy Beras. Pengusaha nasional kenamaan asal Sragen itu mengaku sudah menyiapkan bonus khusus dari pribadinya untuk tim Thomas Cup.

Tak tanggung-tanggung, Rp 500 juta sudah ia siapkan untuk para pahlawan bulutangkis yang sukses memulangkan Thomas Cup setelah 19 tahun diboyong negara lain.

“Ya, sudah saya siapkan bonus untuk mereka pahlawan bulutangkis di Thomas Cup. Rp 500 juta sebagai apresiasi atas keberhasilan mereka,” papar Billy kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (20/10/2021).

Pria yang duduk sebagai anggota Dewan Penasehat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) itu mengaku bonus pribadi itu ia siapkan sebagai wujud apresiasi dan bangganya atas pretasi yang diukir kontingen Thomas Cup Indonesia.

Pengusaha kelahiran Masaran, Sragen yang dikenal getol dan loyal mendukung olahraga bulutangkis nasional itu menyampaikan bonus menjadi keharusan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian atas sebuah prestasi.

Terlebih, untuk ajang Thomas Cup yang merupakan lambang supremasi bulutangkis beregu dunia.

Apalagi, keberhasilan meraih juara di Denmark 2021 ini mengakhiri penantian panjang selama 19 tahun lamanya.

“Melihat perjuangan pemain-pemain di final, saya terharu. Mereka sampai berjuang habis-habisan demi bisa juara. Makanya penghargaan dan bonus layak mereka dapatkan,” terang Billy.

Tim Thomas Cup Indonesia saat mengangkat tropi Thomas Cup usai memenangi laga final melawan China 3-0 di Denmark, Minggu (17/10/2021). Foto/PBSI

Billy juga berharap prestasi besar mengharumkan nama bangsa itu bisa diapresiasi oleh pemerintah.

Baca Juga :  10 Kampus Terbaik Indonesia Hadir di Sragen, Bupati Ungkap Jurusan-Jurusan yang Lagi Banyak Dibutuhkan di Pemkab!

Menurutnya, negara dalam hal ini Kemenpora, sudah seyogianya memberikan bonus sebagai apresiasi atas keberhasilan tersebut.

Sarana Latihan

Di sisi lain, bonus itu makin menegaskan sosok Billy sebagai pengusaha yang dikenal punya dedikasi tinggi dan loyal dengan perkembangan bulutangkis nasional.

Pasalnya, hampir sebagian besar pemain tim Thomas Cup yang berlaga di Denmark, selama ini sering difasilitasi untuk berlatih di GOR milik Billy Beras yang berada di Masaran, Sragen.

Para punggawa tim Thomas, utamanya dari skuad ganda putra sudah beberapa kali menyempatkan waktu untuk berlatih di GOR milik pengusaha kenamaan Sragen, Billy Haryanto alias Billy Beras itu.

Dari catatan JOGLOSEMARNEWS.COM , sederet pasangan ganda putra PBSI sudah dua kali hadir berlatih di GOR berstandar internasional itu sebelum perhelatan Olimpiade dan Thomas Cup 2021.

Pertama, saat simulasi menjelang dimulainya turnamen super series pada Oktober 2020 lalu. Kemudian berlanjut di bulan April 2021 selepas kegagalan tampil di All England akibat kontroversi kontak erat dengan penumpang positif Covid-19.

Bahkan di bulan April itu, Kevin CS, dibuatkan turnamen pelipur lara bertajuk All Sragen oleh Billy Beras.

Pasangan yang kerap hadir berlatih di GOR itu di antaranya peraih juara dunia dan all England, Hendra Setiawan/Moh Ahsan, pasangan terbaik dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Kemudian penyumbang poin kedua di final Thomas Cup melawan China, Fajar Alfian/Moh Rian Ardianto, kemudian Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Lantas pasangan muda Bagas Maulana/Moh Shohibul Fikri, Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Eric Yoche Rambitan dan Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani juga tak pernah absen mengisi skuad untuk berlatih di GOR Billy Beras.

Baca Juga :  Lengkapi Pesona New Kemukus, Pasar New Barong Senilai Rp 3,75 M Akhirnya Diresmikan. Bupati Pesan Jangan Ada Kekacauan

“Iya, biasa anak-anak sering berlatih di sini (GOR Billy Beras). Kebetulan saya ada lapangan, hobi badminton juga. Mereka pingin latihan di sini, ya silakan,” papar Billy Haryanto kepada JOGLOSEMARNEWS.COM di sela-sela mendampingi atlet pelatnas berlatih di GOR miliknya sebelum perhelatan Olimpiade dan Thomas Cup beberapa waktu lalu.

Pebulutangkis ganda putra skuad Thomas Cup Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Daniel Marthin saat berlatih di GOR Billy Beras Masaran Sragen belum lama ini sebelum tampil di Olimpiade dan Thomas Cup 2021. Foto/Wardoyo

Billy menyampaikan GOR miliknya memang sering menjadi jujugan latihan atlet-atlet pelatnas bulutangkis nasional.

Selain kedekatannya dengan para pemain Pelatnas, kerelaannya mendedikasikan GOR untuk tempat berlatih itu juga sebagai wujud kecintaan dan dukungannya terhadap perkembangan olahraga bulutangkis Indonesia.

“Kadang mereka pingin latihan di Sragen, ya kita fasilitasi,” imbuhnya.

Dukungan Sponsorship

Selain dukungan sarana latihan, Billy juga kerap mensupport gelaran turnamen berlabel simulasi yang digelar PBSI menjelang event besar.

Pengusaha beras nasional asal Sragen, Billy Haryanto alias Billy Beras (depan) saat bermain bulutangkis bersama pemain ganda putra nasional di GOR Billy Beras Masaran Sragen, belum lama ini. Foto/Wardoyo

Seperti simulasi menjelang olimpiade dan Thomas-Uber sebulan lalu. Di setiap simulasi, ia tak pernah absen mensupport dalam bentuk sponsorship yang konon nilainya cukup lumayan.

Bahkan sebelum Olimpiade dan perhelatan Sudirman-Thomas-Uber Cup digelar, Billy juga sempat memberi support dan optimis bulutangkis Indonesia bisa menjaga tradisi emas Olimpiade.

Pun dengan Thomas-Uber Cup, Billy juga optimis bisa membawa pulang kembali piala kebanggaan itu, utamanya Thomas Cup yang memang didukung skuad terbaik dan jadi unggulan teratas.

“Senang bulutangkis Indonesia kembali mengharumkan bangsa. Setelah kemarin emas Olympic, kali ini bisa merebut Thomas Cup. Mudah-mudahan ke depan, prestasi bulutangkis Indonesia makin berjaya,” imbuhnya. Wardoyo

Bagi Halaman