JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Profil Dodi Reza, Bupati Musi Yang Ditangkap KPK di Hari Jumat Keramat. Ternyata Lulusan Amerika, Hartanya Puluhan Miliar

Dodi Reza Alex Nurdin. Foto/Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin, dalam operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Jumat malam (15/10/2021) malam.

Dodi ditangkap usai diduga terjerat tindak pidana korupsi berupa suap pengadaan barang dan jasa infrastruktur di wilayahnya. Sosok putra Alex Nurdin itu dikenal aktif berpartai dan sejak menjabat sebagai Bupati, memiliki harta kekayaan puluhan miliar.

“Sejauh ini ada sekitar enam orang (pejabat yang ditangkap), di antaranya bupati Kabupaten Musi Banyuasin dan beberapa ASN di lingkungan Pemkab Musi Banyuasin,” kata pelaksana tugas juru bicara KPK, Ali Fikri Sabtu (16/10/2021).

Lantas siapa Dodi Reza Alex Noerdin?
Dodi merupakan Bupati Musi Banyuasin periode 2017-2022.

Sebelum jadi kepala daerah, ia adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Golkar selama dua periode yakni 2009-2014 dan 2014-2019.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

Saat itu, ia duduk sebagai Wakil Ketua Komisi VI yang membidangi Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Investasi, dan BUMN.

Namun pada 2016, ia mundur dari jabatan anggota dewan untuk maju dalam pemilihan kepala daerah di Musi Banyuasin pada Pilkada 2017. Saat itu ia didukung oleh 10 partai parlemen dan non parlemen.

Anak Alex Noerdin ini tercatat cukup aktif di partainya. Ia tercatat pernah menjabat sebagai Wasekjen DPP Partai Golkar sejak 2009.

Pada 2016 lalu, ia juga dipercaya sebagai Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Sumatera III, yang mencakup wilayah Sumatera Selatan, Lampung, dan Bengkulu.

Sejak 2020 lalu, Dodi terpilih sebagai Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Selatan hingga kepengurusan 2025.

Baca Juga :  NasDem Mulai Bermanuver, PKS Tak Mau Bertemu Prabowo Sebelum Ada Ketetapan MK

Berdasarkan pengumuman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada laman https://elhkpn.kpk.go.id diakses pada Sabtu, 16 Oktober 2021, pada 2020 lalu Dodi tercatat memiliki total kekayaan mencapai Rp 38,4 miliar.

Harta terbesar Dodi berasal dari tanah dan bangunan yang ia miliki, dengan total Rp 31,5 miliar.

Aset itu terdiri dari bangunan di tiga unit tanah dan bangunan di daerah Jakarta Selatan, Bandung, Palembang, dan di Australia.

Pria kelahiran 1 November 1970 tersebut disebut menyelesaikan pendidikan sarjananya di Belgia, dan melanjutkan studi masternya di Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat.

Dodi Reza Alex dikenal aktif berbicara mengenai sawit, yang merupakan komoditas utama di Musi Banyuasin.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com