JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Artis

Raline Shah Isi Suara Film Dokumenter Bersama Artis Kate Winslet. Cerita Tentang Perubahan Iklim, Tayang di Netflix

“Apapun  hidup kita sekarang, hidup dengan hedonisme, menggunakan teknologi, hidup di perkotaan, dan bahkan kehilangan koneksi dengan alam, kebanyakan membuat kita lupa bahwa alamlah yang membawa kita ke sana. Kalau alam tidak terjaga dengan baik, terkikis, maka kita jadi nggak kaya lagi. Jadi penting, harus dipikirkan.”

Indonesia yang dikenal sebagai paru-paru dunia mungkin tidak lagi dirasakan oleh penduduk yang meninggalinya, meskipun orang yang hidup di negeri lain sangat mengagumi hutan Indonesia. “Bahkan anak-anak sekarang mereka sudah sibuk dengan gadget, sehingga tidak bisa melihat dan merasakan koneksi alam dan manusia, karena nggak ada eksposur sama sekali.”

Raline mengakui dirinya masih harus banyak belajar tentang konservasi, satwa liar, tentang hutan di Indonesia dan terdapat hubungan saling dukung antara dia dan sang ayah. ” Ya seperti pesan papa, alam telah memberi kita hidup dan kita juga harus memberikan alam untuk hidup kembali.”

Lulusan Universitas Nasional Singapura ini juga melihat pada saat pandemi orang-orang yang punya binatang peliharaan, beraktivitas berkebun, memiliki kesehatan mentalnya jauh lebih bagus.

“Ya ketimbang orang kota yang eksposurnya cuma nonton televisi dan main ponsel. Mengapa demikian, sebab alam dan satwa liar itu bisa membawa keselarasan, kedamaian dan kalau saya berinteraksi dengan satwa liar, saya merasa sangat di sini dan sekarang, sangat present.”

Terkait dengan hal itu Raline melakukan penggalangan dana dengan BenihBaik.com melalui kampanye https://m.benihbaik.com/campaign/save-our-zoo-bersama-pkbsi.

Raline ingin, semakin banyak orang terlibat dalam kampanye ini dalam berbagai bentuk. “Memberi tidak hanya donasi, tenaga perhatian, menyebarkan ke teman-teman yang mampu, untuk menyemangati teman-teman juga yang kerja di kebun binatang, itu juga sudah cukup. Dan donasi ini juga bukan untuk satwa saja tetapi juga staf dan karyawan yang setia menjaga dan keadaan ekonominya meprihatinkan, karena kena dampak pandemi,” tutupnya.(ASA)

 

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua