JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Sastra

Remy Sylado dan Joko Pinurbo Lelang Puisi,  Hasilnya  untuk Anak Yatim Piatu Korban Covid-19

Penyair Joko Pinurbo / Istimewa
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebanyak 11 puisi yang dibuat oleh enam penyair kenamaan Tanah Air,  bakal dibacakan oleh tokoh dan pejabat negara.

Puisi-puisi tersebut karya Remy Sylado, Joko Pinurbo, Acep Zamzam Noor, Inggit Putria Marga, Sihar Ramses Simatupang, dan Iwan Jaconiah.

Remy Sylado akan melelang tiga puisinya yakni Penyair Indonesia, Senja di Kamar, dan Aku Dengar Suara yang Lain.

Joko Pinurbo akan melelang Malam Rindu, Acep ZamZam Noor  melelang Amanat Galunggung, Inggit Putria Marga akan melelang Pekarangan, Sihar Ramses Simatupang melelang puisi Di Cawan Terakhir, dan terbanyak Iwan Jaconiah yang akan melelang empat puisinya, yakni Indonesia Sejati, Sajak Untuk Ibu, Asing di Negeri Orang, dan Secangkir Kopi Luwak.

Seluruh puisi tersebut ditulis tangan yang kemudian dibingkai dengan didampingi  ilustrasi khusus yang dibuat oleh ilustrator sekaligus kartunis Media Indonesia peraih penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2017, Budi Setyo Widodo.

Puisi bisa jadi menjadi medium yang tepat untuk menyampaikan potret dengan cara humor, satir dan kemanusiaan.

Joko Pinurbo juga menyambut baik perkembangan keberagaman puisi di masa kini.

Baca Juga :  Cerita Sejarah Asal Usul Sendang Siwani (6): Bermula dari Perkelahian Dua Ekor Kerbau

“Puisi Indonesia sekarang semakin bervariasi, semarak, dibanding misalnya pada zaman saya. Sekarang ini banyak penyair yang menunjukkan corak yang berbeda-beda satu dengan yang lain, warna lokal misalnya mulai diolah kembali oleh penyair daerah. Panorama semakin meriah. Saya juga ternyata menulis beberapa puisi tentang demokrasi mungkin itu yang jarang diperhatikan,” kata Joko Pinurbo saat berbincang-bincang,  Selasa (26/10/2021).

Pandemi, bagi Jokpin, demikian dia sering disapa, merasa merasa pandemi tidak mengubah karakter puisinya, tapi memberi waktu lebih banyak untuk melakukan kontemplasi berbagai persoalan hidup yang di saat normal mungkin terlewati.

“Sekarang kita punya sunyi yang luas dan dalam,” katanya.

Sementara bagi Inggit Putria Marga melihat perkembangan puisi yangtidak jauh berbeda dengan Jokpin.

“Saya melihat lebih semarak juga, munculnya diksi yang lebih bebas, kata-kata gaul juga banyak diolah. Ada juga puisi yang mengombinasi dengan bahasa ibu. Ini layak untuk dihargai juga.”

Bagi Inggit, pandemi justru melahirkan kemeriahan yang berbeda. Inggit biasanya menggarap puisi dalam sunyi di rumah.

Baca Juga :  Cerita Sejarah Asal Usul Sendang Siwani (7): RM Said Berencana Menggempur Kartasura

Namun pandemi justru membuat kesunyiannya di rumah terusik karena semua orang ada di rumah dan riuh. Hal ini diakuinya menjadi distraksi dan memengaruhi karya puisinya.

Bulan bahasa

Lelang puisi tersebut diselenggarakan untuk merayakan Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa yang digelar oleh Media Indonesia.

Seluruh hasil lelang akan disumbangkan melalui BenihBaik.com yang menjadi jembatan antara perayaan puisi dengan aksi kemanusiaan bagi
anak yatim piatu korban Covid-19.

Puisi-puisi ini akan dibacakan oleh tokoh dan pejabat negara yakni Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Komunikasi dan Informastika Johnny G Plate, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan, dan Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.

Didukung juga oleh Telkom Indonesia, lelang puisi tersebut  akan diselenggarakan pada Jumat (29/10/2021) di Grand Studio Metro TV, Jakarta Barat. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com