JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ribuan Pengunjung Serbu Pasar Bahulak Edisi Spesial Hari Ini. Semua Lapak Makin Semarak, Joko Klego Sampai Terpesona

Pengunjung memadati pintu masuk Pasar Bahulak Edisi spesial ulang tahun, Minggu (17/10/2021) pagi. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ribuan orang dari berbagai daerah ramai-ramai menyerbu Pasar Bahulak di Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Minggu (17/10/2021) pagi.

Mereka rela datang sejak pagi untuk merasakan semarak suasana Pasar Bahulak edisi spesial ulang tahun perdana yang jatuh pada hari ini.

Pantauan di lokasi, aliran pengunjung mulai menyemut sejak dibuka pukul 05.30 WIB. Warga besar kecil tua muda dari berbagai penjuru Sragen tumpah ruah memadati lokasi.

Bahkan sebagian pengunjung datang dari luar Sragen bersama rombongan hanya demi bisa hadir di edisi spesial hari ini.

Membeludaknya pengunjung sampai membuat petugas penukaran koin di pintu depan, kewalahan melayani.

Joko, salah satu pengunjung asal Klego, Boyolali mengungkapkan rela datang ke Pasar Bahulak karena ingin merasakan nuansa tempo dulu yang sudah dikenal kondang dari pasar tersebut.

Ia pun mengaku senang dan terpesona akan potensi Pasar Bahulak yang membawanya seolah berada di masa lampau.

“Senang sekali di sini bisa melihat pasar tempo dulu dan mengajarkan anak anak akan kehidupan pasar jaman dulu. Tadi mencoba makan gendar dan mengenalkan permainan jaman dulu,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (17/10/2021) pagi.

Baca Juga :  Gara-gara Jualan Obat Mercon Saat Bulan Suci Ramadhan Pemuda di Sragen Ditangkap Polisi Terancam Pidana

Acara Kirab Spesial

Kades Karungan, Joko Sunarso mengatakan hari ini Pasar Bahulak memang menapaki edisi spesial karena bertepatan dengan ulang tahun perdana.

Untuk menyemarakkan setahun usia Pasar Bahulak, panitia memang sudah menyiapkan berbagai acara untuk memperingatinya.

“Kegiatan mulai tadi pagi jam 06.00 WIB diisi dengan kirab budaya oleh pemerintah desa, BPD, TMD, Ketua RT, pedagang pasar, Bumdes dan tokoh masyarakat. Mereka bersama gotong royong membangun karakter pasar yang unik di sini. Termasuk transaksi kita pakai koin dari batok dan pedagang juga membawa kostum kejawen juga kita tampilkan tari tradisional dan mainan anak tradisional,” paparnya.

Penjual makanan tempo dulu di Pasar Bahulak kewalahan melayani pengunjung. Foto/Wardoyo

Sunarso menyampaikan peringatan satu tahun ini sebagai wujud syukur atas perjalanan Pasar Bahulak yang dinilai berkembang makin bagus.

Selain dikenal masyarakat luas, selama satu tahun perjalanan, Pasar Bahulak juga banyak mengubah wajah desa dan menghidupkan perekonomian warga maupun desa.

Baca Juga :  Polda Jateng Gunakan Helikopter Untuk Pengecekan Persiapan Mudik Lebaran 2024 Dan Mendarat di Polres Sragen Cek Kesiapan Anggota

“Kami bersyukur sejak dirintis dan menjadi viral hingga dikunjungi masyarakat luas. Ini menjadi bukti kesuksesan membangun dan memajukan desa atas kerja keras,” urainya.

Lapak Dihias Semarak 

Bersamaan dengan momen ulang tahun ini, setiap lapak yang ada di Pasar Bahulak juga tampil beda dan dihiasi pernak pernik di setiap lapaknya,.

“Lapak kita hias agar menarik. Bagaimana kita memotivasi para pedagang untuk menghias lapak mereka nanti kita nilai. Kedua kita sebagai wujud syukur kita pasang umbul-umbul putih dan setiap pohon kita pasang kain putih sebagai bentuk syukur pada Allah dan sisi lain juga ada kirab dan tarian tradisional dari warga,” bebernya.

Joko Sunarso. Foto/Wardoyo

Ia menambahkan selama masa pandemi, panitia dan semua elemen di Pasar Bahulak tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Para pengunjung diwajibkan memakai masker, cuci tangan dengan sabun dan cek suhu tubuh sebelum memasuki lokasi pasar.

“Kita kerahkan satgas Covid tingkat desa. Alhamdulillah ada 60 satgas dan ini tadi dikerahkan untuk mengatur para pengunjung agar semua tetap prokes,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com