JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Satpam Jadi Sasaran Pengawasan Polisi, Hal ini yang Wajib Dimiliki Setiap Security

Satpam
Pembukaan diklat Satpam Gada Pratama Polres Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tugas satpam alias security ternyata tidak sebatas bekerja di perusahaan maupun lainnya. Ada pihak lain yang melakukan pengawasan secara berkala hingga memperhatikan soal sertifikasinya.

Pihak tersebut adalah kepolisian. Polri melakukan pengawasan terhadap satpam melalui perusahaan penggunanya atas beberapa hal penting dalam pekerjaannya.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto mengungkapkan fakta itu ketika membuka secara resmi diklat Satpam Gada Pratama Polres Wonogiri tahun 2021 yang diikuti 63 Peserta. Pembukaan diklat digelar di SMK Gajah Mungkur Wonogiri, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga :  Tips Mengatasi Malas Masuk Kerja Pasca Libur Lebaran 2024 yang Panjang

“Berkaitan masih adanya anggota satpam di wilayah Kabupaten Wonogiri yang belum memiliki kualifikasi Gada Pratama maka unit Kamsa SatBimas Polres Wonogiri selaku fungsi pengawasan secara berkala akan melaksanakan supervisi dan sertifikasi pada instansi perusahaan pengguna satpam,” ungkap Kapolres.

Supervisi dilakukan guna pendataan, pengawasan apakah anggota satpam pada instansi perusahaan tersebut telah memenuhi standar kualifikasi pendidikan minimal gada pratama. Sekaligus untuk memastikan apakah penggunaan atribut satpam, KTA satpam telah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Baca Juga :  Menjaga Kebiasaan Pola Makan Teratur Setelah Ramadhan, Tetap Sehat dan Bugar

“Setiap anggota satpam harus memahami tugas pokok fungsi dan perannya. Diklat Satpam Gada Pratama merupakan kualifikasi kepolisian terbatas tingkat dasar bagi pembentukan pertama anggota satpam. Setiap anggota satpam minimal harus memiliki kualifikasi ini,” ujar Kapolres.

Pihaknya berharap diklat Satpam Gada Pratama bisa terlaksana dengan aman dan lancar serta terbebas dari COVID-19. Ilmu yang didapat bermanfaat khususnya untuk mendukung pelaksanaan tugas selaku pengemban fungsi kepolisian secara terbatas dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com