JOGLOSEMARNEWS.COM Market Ekbis

Siapa Sangka, Ternyata Suzuki Menawarkan Berbagai Jenis Mobil!

Suzuki XL7 Alpha 1.5. Foto: Suzuki.co.id
   

Suzuki pertama kali memasuki Indonesia pada tahun 1975. Pada awal masuk di Indonesia, Suzuki merupakan perusahaan di bidang manufaktur yang kemudian menjadi perusahaan yang memproduksi transportasi. Perusahaan ini tidak hanya dikenal dengan produk sepeda motornya, Suzuki juga memiliki produk mobil dengan kualitas yang dapat bersaing dengan produsen mobil lainnya. Dengan keragaman produk, mobil Suzuki dapat menjadi pilihan Anda untuk memenuhi kebutuhan kendaraan. Berikut beberapa jenis mobil yang diproduksi Suzuki.

Jenis Mobil Suzuki

Meskipun sama-sama sarana transportasi, mobil memiliki berbagai jenis yang dibedakan berdasarkan karakteristik dan fungsi mobil itu sendiri. Begitupun dengan Suzuki, perusahaan ini mengeluarkan beberapa jenis mobil berdasarkan karakter dan tujuan utama. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat ini memiliki enam jenis mobil dengan beragam model.

  1. Multi Purpose Vehicle (MPV)

Jenis pertama yaitu Multi Purpose Vehicle (MPV) atau mobil multi-fungsi yang dapat digunakan untuk mengangkut penumpang dan juga barang. MPV merupakan sebutan untuk mobil keluarga dengan kapasitas tujuh penumpang dan mengutamakan kenyamanan. Ciri khas mobil MPV yaitu terdapat kursi yang dapat dilipat di bagian belakang untuk memperluas ruang bagasi sehingga Anda memiliki space penyimpanan barang yang lebih besar. Jenis mobil Suzuki kategori ini adalah Suzuki Ertiga.

  1. Sport Utility Vehicle (SUV)

Jenis kedua yaitu Sport Utility Vehicle (SUV) yang menonjolkan karakter sebagai mobil petualang. Mobil jenis SUV memiliki desain yang diadaptasi dari mobil offroad yang ditambah dengan aksen sporty. Ciri dari jenis mobil ini yaitu ground clearance-nya yang tinggi sehingga dapat digunakan di mana saja dan sanggup menempuh berbagai medan. Jenis mobil Suzuki kategori ini yaitu Suzuki Jimny dan Suzuki XL7.

  1. Crossover

Jenis ketiga yaitu crossover, jenis mobil ini nyaris sama dengan jenis SUV. Jenis crossover merupakan perpaduan dari jenis SUV dan hatchback. Jenis mobil ini punya tampilan gagah serta profil ban berukuran lebar sehingga tangguh untuk menerabas medan di jalan. Perpaduan dengan hatchback membuat jenis mobil ini berukuran tidak sebesar SUV, sehingga dapat diandalkan untuk aktivitas harian di padatnya perkotaan. Jenis crossover identik dengan fitur dan teknologi yang canggih dan dapat menampung lima orang penumpang. Jenis mobil Suzuki kategori ini yaitu Suzuki SX4 S-Cross yang tampilannya berkarakter, terlihat tangguh, namun tetap anggun.

  1. Hatchback

Jenis keempat adalah hatchback, jenis mobil ini merupakan mobil penumpang berbasis sedan. Perbedaan jenis mobil ini dengan sedan terletak pada bagasi, jenis hatchback memiliki bagasi yang terletak di belakang bangku penumpang. Ukuran mobil jenis hatchback lebih kecil dibandingkan jenis SUV maupun MPV. Suzuki memiliki beberapa model untuk jenis ini, yaitu Suzuki Ignis, Suzuki Karimun Wagon R, dan Suzuki Baleno.

  1. Minivan
Baca Juga :  BPRS Saka Dana Mulia Kudus Ditutup, LPS Siapkan Pembayaran Simpanan Nasabah

Jenis kelima adalah minivan, jenis mobil ini termasuk mobil keluarga. Hanya saja desainnya seperti van yang berukuran kecil, maka disebut minivan. Ciri khas mobil jenis minivan yaitu pintu belakang berengsel sehingga cara membukanya dengan digeser. Minivan biasanya memiliki kapasitas maksimal sembilan penumpang. Model mobil Suzuki dengan jenis ini yaitu Suzuki APV yang terbagi menjadi model Suzuki APV Arena dan Suzuki APV Luxury.

  1. Pick Up

Jenis keenam adalah pick up, jika jenis-jenis mobil sebelumnya yaitu mobil untuk mengangkut orang atau penumpang maka jenis yang satu ini berbeda. Pick up merupakan mobil bak dengan kabin tertutup dan bagian belakang terbuka. Mobil pick up berukuran kecil dan biasa digunakan untuk mengangkut barang. Model mobil Suzuki dengan jenis ini yaitu Suzuki Carry yang dijuluki ‘Rajanya Pick Up’.

Baca Juga :  BPRS Saka Dana Mulia Kudus Ditutup, LPS Siapkan Pembayaran Simpanan Nasabah

Model Mobil Suzuki

Setelah mengetahui jenisnya, yang akan dibahas sekarang adalah macam-macam model mobil Suzuki. Meski tidak akan dibahas secara detail, paling tidak deskripsi di bawah ini dapat memberi gambaran mobil pilihan Anda. Berikut beberapa macam model mobil Suzuki yang masih diproduksi dan dijual saat ini:

  1. Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R mudah dikenali dari desainnya yang khas. Mobil ini sudah cukup lawas dijual di Indonesia dari sejak 1998-1999 diimpor langsung dari Jepang. Model ini mengalami banyak perubahan baik dari penampilan, fitur, mesin, hingga harga. Tampilannya lebih kekinian dan fiturnya lebih lengkap. Karimun Wagon R dibekali mesin K10B, DOHC berkapasitas 1000 cc.

  1. Suzuki Ertiga

All New Ertiga jadi model unggulan untuk jenis mobil penumpang. Mobil ini berkapasitas 7 tempat duduk, cocok buat Anda yang mencari mobil untuk keluarga besar. Ertiga dibekali mesin K15B, DOHC, VVT berkapasitas 1.462 cc dengan tenaga maksimum 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm pada 4.400 rpm.

  1. Jimny

Beberapa waktu lalu mobil ini viral karena Jimny Challenge yang diselenggarakan para youtuber pecinta mobil. Jenis mobil Suzuki SUV ini lahir kembali setelah 20 tahun berhenti. Meski demikian mobil ini tetap mempertahankan ciri khasnya seperti headlamp bundar dan ban cadangan di pintu belakang. Ground clearance-nya 210 cocok untuk medan aspal maupun offroad. Jimny hanya untuk 4 penumpang dewasa, 2 penumpang di depan dan 2 penumpang di belakang dengan bawaan sekadarnya.

Nah itulah jenis dan model mobil yang diproduksi oleh  Suzuki. Kini Anda dapat membeli mobil Suzuki secara online melalui aplikasi Blibli. Nikmati berbagai promo saat bertransaksi secara aman di aplikasi Blibli.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com