JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tak Ramah Lingkungan, Benarkah BBM Premium Bakal Dihapus? Ini Tanggapan Pertamina

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Informasi mengenai rencana penghapusan bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium mulai 24 Oktober 2021 marak beredar di masyarakat.

Informasi yang diterima masyarakat, rencana penghapusan premium tersebut dikatakan merupakan bagian dari program Langit Biru yang dilakukan Pertamina.

Program tersebut dianggap merupakan usaha Pertamina untuk mengedukasi dan mendorong masyarakat untuk menggunakan BBM yang berkualitas lebih baik serta lebih ramah lingkungan, seperti Pertalite dan Pertamax.

BBM Premium disebut-sebut akan sepenuhnya digantikan dengan Pertalite. Konversi tersebut dikatakan telah dimulai sejak 1 Januari 2021 di wilayah Jawa, Madura, dan Bali. Kemudian selanjutkan akan dilanjutkan ke wilayah-wilayah lainnya.

Baca Juga :  Jokowi Minta Luhut Urus Migor, Sinyal Kondisi Darurat?

Akan tetapi, kabar mengenai penghapusan BBM Premium tersebut dibantah oleh PT Pertamina (Persero).

Bantahan tersebut disampaikan  langsung oleh Fajriyah Usman selaku Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina.

“Tidak benar informasi yang menyebutkan bahwa Premium dihapus di seluruh Indonesia pada 24 Oktober 2021,” kata Fajriyah sebagaimana dilansir dari liputan6.com, Minggu (17/10/2021).

Menurutnya, walaupun Pertamina terus berupaya untuk mendorong penggunaan BBM ramah lingkungan, penghapusan BBM Premium belum bisa dilakukan. Dikarenakan, Premium merupakan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).

Penghapusan BBM Premium akan melanggar regulasi Peraturan Presiden nomor 191 tahun 2014 dan Peraturan Presiden nomor 43 tahun 2018.

Baca Juga :  Di Ajang World Economic Forum, Menko Airlangga: Momen Emas Berinvestasi di Indonesia

Tanpa melakukan penghapusan BBM Premium, Pertamina tetap berupaya mengedukasi masyarakat agar beralih menuju BBM yang lebih ramah lingkungan.

Alih-alih menghapus BBM Premium, Pertamina akan melanjutkan program penyaluran BBM Premium bersama jenis BBM yang lain hingga sampai ke pelosok negeri.

“Di samping menyediakan Premium, Pertamina juga menyalurkan jenis BBM lainnya. Sampai saat ini stok BBM mencukupi dan penyaluran seluruh produk BBM berjalan baik, termasuk program BBM 1 Harga ke daerah 3 T,” jelasnya. Grahita Narasetya

Bagi Halaman