JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

21,29 Juta Guru dan Murid Terima Bantuan Kuota Data Internet

Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim. Foto/Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebelum  pembelajaran tatap muka (PTM) diterapkan secara penuh, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim menyalurkan bantuan kuota data internet kepada 21,29 juta pendidik dan peserta didik untuk periode November 2021.

Mas Menteri Nadiem berharp, bantuan kuota  tersebut bisa menjadi jembatan sebelum proses belajar tatap muka berjalan sepenuhnya.

Ia menjelaskan, bantuan itu disalurkan kepada 906 ribu nomor peserta didik pendidikan anak usia dini (PAUD); 6,8 juta peserta didik SD; 3,8 juta peserta didik SMP; 2,5 juta peserta didik SMA; 2,4 juta peserta didik SMK; 41 ribu peserta didik SLB; 22 ribu peserta didik kesetaraan.

Kemudian diberikan juga kepada 1,2 juta guru; 192 ribu mahasiswa vokasi; 3,2 juta mahasiswa akademik, 10 ribu dosen vokasi; dan 117 ribu dosen akademik.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

Besaran bantuan yang dialokasikan bagi peserta didik PAUD adalah 7 gigabita per bulan dan untuk peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah 10 gigabita per bulan.

Sedangkan untuk guru PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah 12 gigabita per bulan. Sementara itu, bagi mahasiswa dan dosen diberikan bantuan sebesar 15 gigabita per bulan.

“Masa berlaku kuota data internet ini berlaku selama 30 hari sejak kuota data diterima,” ujar Nadiem.

 

Keseluruhan bantuan kuota data internet di tahun ini merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbudristek: http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan pemberian bantuan data kuota internet untuk membantu akses informasi bagi guru, siswa, mahasiswa, dan dosen dalam menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi.

Selama 2020, Kementerian telah memberikan subsidi kuota internet selama empat bulan pada September hingga Desember 2020 senilai Rp 7,2 triliun.

Tahun ini, pada September 2021, Kemendikbudristek kembali menyalurkan bantuan data kuota internet kepada 24,4 juta pengguna dan pada Oktober 2021 disalurkan kepada 26,6 juta penerima.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com