JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

3 Luweng di Giriwoyo Wonogiri Tersumbat Picu Genangan Banjir Hingga Kedalaman 80 Sentimeter, 30 Jiwa Terdampak

Banjir Eromoko
Banjir di Kecamatan Eromoko, Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Banjir akibat tersumbatnya luweng tidak hanya terjadi di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. Kondisi serupa berlangsung pula di Kecamatan Giriwoyo, Kamis (11/11/2021).

Di kecamatan yang berbatasan dengan wilayah Pacitan, Jatim tersebut, banjir bahkan membuat genangan sedalam sampai 80 sentimeter. Puluhan jiwa terdampak akibat bencana banjir itu.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, mengatakan, berdasarkan laporan camat dan pengecekan di lokasi, sebelumnya hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kabupaten Wonogiri. Termasuk di Kecamatan Giriwoyo.

Baca Juga :  Jangan Salah Nyamuk Bisa Kebal Fogging Loh, Begini Cara yang Benar Menangani DBD di Wonogiri

“Di Kecamatan Giriwoyo ada tiga titik lokasi banjir akibat luweng tersumbat,” beber Bambang.

Pertama di luweng di Lingkungan Tameng Kelurahan Girikikis. Dampak genangan banjir sebanyak 7 KK atau 21 jiwa terisolir akibat akses jalan terendam.

Kondisi awal ketinggian sekitar 80 sentimeter. Kondisi sekarang sekitar 40 sentimeter. Air tidak sampai masuk pemukiman.

Di lokasi kedua, banjir dari genangan Luweng Jambe Wangi di Kelurahan Girikikis, berdampak 4 KK (19 jiwa) terisolir akibat akibat akses jalan terendam air. Kondisi awal ketinggian sekitar 70 sentimeter.

Baca Juga :  Pernikahan Unik, Pengantin Wajib Tanam Bibit Alpukat di Desa Ngroto Kecamatan Kismantoro Wonogiri, Ternyata ini Alasannya

Kondisi sekarang surut sekitar 40 sentimeter. Sedangkan sebagian permukiman terdampak genangan air sedalam 10 sentimeter. Warga terdampak menempati rumah tetangga yang tidak tergenang.

“Selanjutnya banjir genangan Luweng Tail, awal kondisi jalan tergenang saat ini sudah surut. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. Kerugian material berupa lahan padi dan jagung maupun bahan pangan terendam. Selain itu kandang ternak tergenang,” sebut Bambang. Aris

Bagi Halaman