JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

7 Kades di Sragen Meninggal, 5 Desa Diizinkan Gelar Pilkades Antar Waktu. Ada 2 Desa Dipastikan Tak Bisa Gelar PAW, Ini Masalahnya!

Sementara, syarat untuk bisa diproses PAW minimal kekosongan jabatannya masih setahun lebih.

“Kalau yang kurang 1 tahun itu nanti dilanjutkan dengan petugas atau pejabat pelaksana (PJ). Jadi ada 2 desa yaitu Sambirejo sama Desa Gilirejo baru yang nanti di 13 Desember ini habis masa jabatan untuk 5 tahun. Sehingga tinggal 1 tahun jadi tidak bisa melaksanakan PAW. Sehingga yang akan melaksanakan PAW hanya 5 desa,” papar Agus kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , belum lama ini.

Baca Juga :  Terungkap, Sapi yang Positif PMK di Sragen Baru Dibeli dari Pasar Purwodadi dan Jawa Timur. Langsung Menulari 4 Ekor

Untuk pelaksanaan PAW, Bagian Pemerintahan sifatnya hanya memfasilitasi dan menyosialisasikan terkait pedoman pelaksanaan sesuai Peraturan Bupati (Perbup).

Sementara, pelaksana di lapangan adalah Badan Permusyawaratan Desa (BPD) selaku lembaga yang akan membentuk panitia pelaksana PAW.

Pembentukan panitia harus dilakukan melalui musyawarah desa (Musdes) di tingkat desa.

Baca Juga :  Siap-Siap, 72 Kios di Dekat Pasar Nglangon Sragen Ini Bakal Dibongkar Tanpa Ganti Rugi. Padahal Ada yang Dibangun Tingkat

Berdasarkan pantauannya ke desa-desa di atas, untuk akhir tahun anggaran ini belum ada desa yang menganggarkan untuk PAW. Sehingga dimungkinkan PAW lima desa akan digelar Januari tahun depan.

“Karena ini sudah akhir tahun anggaran, memang efektifnya ya di awal tahun bulan Januari tahun depan,” tandas Agus. Wardoyo

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua