JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Alhamdulillah, Jembatan Perbatasan Nambangan Nguter di Selogiri Wonogiri Bakal Dipasangi 3 Lampu Slur

Jembatan nambangan
Jembatan perbatasan Nambangan-Nguter. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Anda sering melintasi jembatan penghubung perbatasan Nambangan-Nguter namun mengeluhkan gelap lantaran minimnya penerangan, tenang kini ada solusinya.

Dalam waktu dekat di sekitar jembatan yang juga menjadi batas wilayah Wonogiri dengan Sukoharjo tersebut segera diberi lampu penerangan. Dipastikan lampu terpasang pada tahun ini.

Lampu penerangan itu dipasang di wilayah Kabupaten Wonogiri. Pasalnya memang Pemkab Wonogiri yang berencana menyediakannya. Sedikitnya ada tiga titik lampu yang dipasang nantinya.

Lampu atau tepatnya Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dipasang di sisi selatan jembatan. Untuk diketahui sungai Bengawan Solo yang melintas di bawah jembatan memisahkan dua kabupaten. Sisi utara jembatan atau sungai merupakan wilayah Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan sisi selatan masuk Kabupaten Wonogiri.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri Waluyo mengatakan pihaknya bakal memasang PJU di sekitar Jembatan Nambangan yang baru-baru ini rampung dibangun dan sudah dilewati pengendara. PJU itu bakal dipasang di jalan kabupaten. Lampu yang digunakan bakal berdaya listrik, bukan jenis solar cell atau tenaga surya.

Baca Juga :  Persempit Ruang Gerak Aksi Tawuran hingga Balap Liar selama Ramadhan 2024 ini yang Dilakukan Aparat

Dia menjelaskan, lampu itu tidak bisa dipasang di badan jembatan ataupun di pinggir jembatan. Sebab jika hal itu dilakukan maka akan mengubah konstruksi jembatan.

“Jadi kita pasang lampunya di sisi selatan jembatan yang masih jalan kabupaten. Kita sorotkan ampunya ke arah jembatan,” kata Waluyo, Senin (8/11/2021).

Mantan Kepala Satpol PP Wonogiri ini menuturkan, pihaknya sudah melakukan kajian teknis terkait PJU yang akan dipasang di jembatan itu. Selain itu, juga ada koordinasi dengan Dishub Sukoharjo terkait pemasangan PJU di sebelah utara jembatan yang masuk di wilayah Sukoharjo.

Baca Juga :  Sajian Istimewa, Masakan yang Cocok Disajikan saat Lebaran 2024, Dijamin Menggugah Selera Tamu

“Nanti akan kita usahakan pasang tiga lampu. Kita pasang di tahun ini,” tegas Waluyo.

Menurut dia, tiga lampu yang dipasang itu diproyeksikan bisa bermanfaat kepada pengendara. Beberapa waktu usai dilintasi kendaraan, Jembatan Nambangan memang gelap gulita. Jembatan itu dipakai dua arah, dari arah Selogiri Wonogiri dan juga Nguter Sukoharjo. Selain itu, sempat ada warga yang mengeluhkan gelapnya jembatan itu.

Waluyo mengatakan, diharapkan dengan adanya PJU di sekitar Jembatan Nambangan bisa membuat pengendara yang melintas disana merasa nyaman. Dengan adanya PJU, potensi terjadinya kecelakaan disana bisa diminimalkan.

Untuk diketahui, jembatan itu sudah ramai dilewati kendaraan. Mulai dari pesepeda hingga kendaraan roda dua maupun roda empat. Saat malam hari, masih ada sejumlah pengendara melintasi jembatan itu meskipun kondisinya gelap. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com