JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Anda Bisa Terapkan Ini untuk Menghilangkan Stres

Ilustrasi stres / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Penyebab stres bagi seseorang sangat bervariasi, mulai dari pekerjaan maupun karena suasana hati.

Dan, stres juga berperan dalam menurunkan imunitas tubuh. Suatau keadaan yang dalam konteks sekarang rentan terhadap pandemi Covid-19.

Dalam soal pekerjaan misalnya, kegiatan harian terkadang membuat seseorang tidak fokus dan akhirnya stres.

Bahkan, ada beberapa orang yang tidak bisa menyelesaikan pekerjaan sederhana tanpa pemikiran yang terganggu, baik dari SMS, email, pesan dari media sosial, rekan yang berisik, dan lainnya.

Pemikiran yang tidak fokus dan menjadi gangguan akan membuat stres. Penelitian mengungkapkan, orang selalu memikirkan sesuatu selain dari apa yang sedang dikerjakan hampir separuh waktu.

Jika Anda termasuk dari banyak orang tersebut, maka beberapa solusi ini merupakan saran dari peneliti.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Salah satu solusinya adalah “perhatian”. Perhatian yang dimaksud adalah membuat otak menjadi sadar.

Apabila sedang di tempat kerja, maka sadarkanlah tujuan Anda fokus kepada proyek yang ada di depan. Jika sedang berjalan bersama teman, maka fokus pada lingkungan dan percakapan bersama.

Anda harus benar-benar melatih otak agar bisa sadar dengan situasi yang sedang dijalani. Berikut tiga solusi yang bisa dipraktikkan dalam membangun kesadaran.

 

  • Pengurangan stres berbasis kesadaran (MBSR)

Pelatihan MBSR telah terbukti mampu membantu meningkatkan fokus kepada tugas di hadapan. Selain itu juga bisa meningkatkan daya ingat, motivasi, dan otonomi. Pelatihan yang dilakukan mencakup latihan pernapasan, peregangan, dan kesadaran.

  • Meditasi

Latihan meditasi secara teratur telah terbukti akan mengubah pemikiran. Area otak berfungsi untuk mengatur emosi dan secara keseluruhan menjadi meditator. Jika dunia membuat Anda memikirkan banyak gangguan dan hal yang tidak membahagiakan, maka meditasi mampu membuat tetap berpikir positif dan lebih fokus.

  • Gerakan penuh perhatian
Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Banyak penelitian yang membuktikan orang yang telah menjalani pelatihan yoga akan membuat otak menjadi lebih fokus, mengurangi stres, bahkan bersikap optimis. Faktanya, pelatihan yoga lebih bermanfaat bagi orang-orang yang sangat stres.

Dalam apa yang terjadi sekarang ini, dunia sebenarnya sedang dirancang untuk mengalihkan perhatian. Tetapi, Anda bisa kembali pada fokus dan menghilangkan stres itu dengan menjalani beberapa latihan yang telah direkomendasikan di atas untuk menjadi lebih bahagia menjalani keseharian.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com