JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Antisipasi Bencana Alam di Wonogiri, ini Penekanan Polres Terhadap Anggotanya Terkait Tanah Longsor Banjir dan Pohon Tumbang

Bencana Alam
Wakapolres Wonogiri Kompol Kamiran didampingi para Kasi memberikan pengarahan kepada Bhabinkamtibmas. Dok. Polres Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Wakapolres Wonogiri Kompol Kamiran mengecek bekal peralatan khusus dan kendaraan dinas Bhabinkamtibmas, Senin (8/11/2021).

Selain mengecek kelayakan peralatan khusus dan kendaraan dinas Bhabinkamtibmas, Wakapolres juga memberikan penekanan terhadap perkembangan situasi saat ini. Khususnya terkait masuknya musim penghujan yang mewajibkan peningkatan kewaspadaan terhadap terjadinya bencana alam.

Hal ini wajib dipahami para Bhabinkamtibmas. Mengingat posisi Bhabinkamtibmas yang menjadi ujung tombak wilayah.

“Menjadi petugas Bhabinkamtibmas itu harus peka terhadap situasi di wilayahnya. Apalagi di musim pancaroba ini jangan lupa antisipasi bencal seperti pohon tumbang, tanah longsor dan banjir yang kemungkinan rawan di wilayahnya,” tandas Wakapolres.

Pihaknya juga menegaskan, untuk menunjang tugas dan kinerja, Bhabinkamtibmas wajib membawa peralatan maupun kendaraan. Tentunya baik peralatan maupun kendaraan harus dalam keadaan layak pakai.

Baca Juga :  Akhirnya Terungkap Cara Cegah Kecelakaan Air selama Libur Lebaran 2024, Masuk SOP saat Pemudik dan Wisatawan Banjiri Wonogiri

Guna mengetahui kelayakan tersebut Wakapolres Wonogiri Kompol Kamiran, didampingi Kasat Binmas, Kasi Was, Kasi Humas dan Kasi Propam Polres Wonogiri, melakukan pengecekan fisik, Senin (8/11/2021). Sasaran pengecekan meliputi bekal peralatan khusus dan kendaraan dinas anggota Bhabinkamtibmas Polres Wonogiri.

Kegiatan digelar di halaman Mapolres Wonogiri. Pengecekan dilakukan dengan memeriksa langsung bekal isi dalam tas serta pengecekan motor dinas yang digunakan para anggota Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Wonogiri.

Mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto, Wakapolres mengatakan, pemeriksaan kelengkapan bekal peralatan dinas khusus dan kondisi motor dinas ini untuk mengetahui apakah masih layak atau tidak untuk digunakan. Bekal peralatan khusus yang wajib di bawa oleh para Bhabinkamtibmas antara lain senter, lampu hazard, jas hujan, borgol, buku, bolpoint, dan power bank.

Baca Juga :  Potret Nyata Upaya Basmi DBD di Jatisrono Wonogiri, Full Kebul alias Fogging Bolo

“Sedangkan kendaraan dinas diperlukan untuk menunjang pelaksanaan tugas anggota Bhabinkamtibmas di lapangan dalam melakukan patroli dan sambang di wilayahnya,” ungkap Kompol Kamiran.

Pemeriksaan peralatan khusus dan ranmor dinas Bhabinkamtibmas ini sudah rutin dilaksanakan secara berkala.
Tujuannya mengetahui layak dan tidaknya alat khusus dan ranmor dinas ini digunakan oleh anggota. Sehingga dapat lebih optimal dalam mengemban tugas pokok Polri sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com