JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Banjir di Bawuh Minggarharjo Kecamatan Eromoko Wonogiri Gegara WGM Meluap, Jalan Penghubung Giriwoyo-Eromoko Terputus

Jalan penghubung
Jalan penghubung Kecamatan Giriwoyo-Eromoko, Wonogiri, terendam genangan banjir. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tidak hanya di Kecamatan Giriwoyo dan Pracimantoro, banjir dampak hujan deras dengan durasi lama juga terjadi di Kecamatan Eromoko.

Bedanya, banjir Giriwoyo dan banjir Pracimantoro disebabkan luweng yang tersumbat. Sedangkan banjir Eromoko disebabkan luapan genangan Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Kamis (11/11/2021).

Informasi yang diperoleh dari BPBD Wonogiri, Jumat (12/11/2021), genangan banjir mengakibatkan jembatan Malangan Desa Baleharjo, Kecamatan Eromoko mengalami kerusakan pada dinding tebing jembatan. Kondisi saat ini masih dapat digunakan meskipun tidak maksimal.

Baca Juga :  Apakah Omicron Sudah Masuk Wonogiri? Simak Penjelasan Bupati Joko Sutopo alias Jekek ini Lur

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian, kerugian material masih dalam proses perhitungan dinas teknis,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto.

Sebelum banjir melanda, wilayah Kecamatan Eromoko diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama.

Selain banjir, terjadi pula pohon tumbang menimpa atap teras belakang rumah warga. Adalah rumah milik Wadi Warsono (58) di Lingkungan Mundu RT 3 Rwt 8 Kelurahan Puloharjo yang rusak.

Tidak ada korban jiwa maupun luka. Kerugian material sekitar Rp5.000.000,-
Upaya pengkondisian telah dilakukan oleh warga dibantu relawan dan aparat Forkompimcam setempat.

Baca Juga :  Anggota Polres Wonogiri Ditabrak Yamaha Vixion Saat Bertugas, Terjadi di Jurug Desa Tubokarto Pracimantoro Wonogiri

Masih di Kecamatan Eromoko, hujan juga berdampak meluapnya genangan WGM. Tepatnya di Dusun Bawuh, Desa Minggarharjo, Kecamatan Eromoko, Wonogiri.

Genangan air terlihat di beberapa tempat, seperti pekarangan dan area persawahan. Ketinggian genangan sekitar 30 sentimeter. Bahkan jalan penghubung antara Kecamatan Eromoko dan Kecamatan Giriwoyo terendam. Saat ini kondisi genangan telah surut. Aris

Bagi Halaman