JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bikin Iri, Seragam Gratis Siswa SD dan SMP di Wonogiri Dianggarkan 8 M Lebih, Biarpun Pandemi Pendidikan Tetap Jadi Prioritas

Seragam Gratis
Penyerahan seragam gratis bagi siswa SD dan SMP di Wonogiri. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Program seragam gratis bagi siswa pendidikan dasar di Wonogiri tetap digulirkan. Kendati ada pandemi COVID-19, sektor pendidikan tetap menjadi prioritas program.

Untuk membiayai pengadaan seragam gratis Pemkab Wonogiri menganggarkan dana Rp 8 miliar lebih. Setiap siswa mendapatkan jatah seragam tiga stel mulai OSIS, batik, dan pramuka.

“Kebijakan pemberian seragam gratis bagi siswa SD dan SMP ini masuk di dalam program skala prioritas Pemkab Wonogiri. Meskipun dalam pandemi COVID-19, sektor pendidikan masih menjadi prioritas Pemkab,” sebut Bupati Wonogiri Joko Sutopo, baru-baru ini

Bupati menuturkan, program itu adalah program tahunan. Maka di tahun depan, program itu juga masih berlanjut.

Baca Juga :  1 Meninggal Kecelakaan di Wonoharjo Sambiroto Pracimantoro, Truk Tangki Tabrakan dengan Honda Supra 125

Pihaknya juga mewacanakan seragam gratis bagi siswa baru SMA. Hanya saja hal itu akan dikonsultasikan terlebih dahulu karena manajerial SMA sederajat di bawah naungan provinsi.

Jika dalam kondisi normal, seragam gratis itu bakal diberikan saat tahun ajaran baru. Karena saat ini sudah mulai digelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, maka seragam sudah diserahkan. Untuk penyerahan disesuaikan dengan kondisi kasuistik situasional.

Anggaran yang digunakan untuk program itu lebih dari Rp 8 miliar rupiah. Seragam sekolah itu dibagikan kepada siswa siswa kelas I SD dan VII SMP. Untuk siswa SD diberi seragam jadi, sementara untuk siswa SMP diberi bahan seragam.

“Ini upaya dalam penyelenggaraan pendidikan yang tidak ada diskriminasi,” ujar Bupati.

Baca Juga :  Kenapa Harus Piknik ke Objek Wisata Air di Wonogiri? Listnya Pantai Klothok Nampu hingga Waduk Gajah Mungkur

Sementara Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno merinci ada 9.370 seragam yang dibagikan bagi siswa SD dan ada 12.512 seragam untuk siswa SMP. Ada tiga stel seragam yang dibagikan ke siswa.

Untuk siswa SD mendapatkan seragam putih-merah, batik-putih, dan pramuka dalam bentuk jadi. Sementara siswa SMP mendapatkan bahan seragam putih-biru, batik-putih, dan pramuka.

Pengadaan seragam sekolah bagi peserta didik baru Tahun Pelajaran 2021/2022 yang memasuki kelas I SD dan kelas VII SMP, dimaksudkan untuk meringankan biaya pendidikan bagi orang tua wali peserta didik. Harapannya bisa diterima masyarakat sehingga menghemat biaya yang dikeluarkan. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com