JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

BPBD Boyolali Gelar Simulasi Penanganan Longsor

Petugas BPBD Boyolali saat memberikan materi dalam simulasi penanganan longsor / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – BPBD dan jajaran terkait menggelar Time Table Tactical Floor Game (TFG) atau latihan dalam ruangan dengan menggunakan maket. Latihan digelar di aula BPBD, Selasa (9/11/2021).

Pelatihan melibatkan berbagai jajaran seperti BPBD, TNI, Polri, PMI, Dinas terkait seperti Dishub, Dinkes, Dinsos, DPU PRTim Sar, Camat hingga Kades serta stakeholder terkait seperti PLN dan Pertamina.

Disimulasikan terjadi bencana tanah longsor di Kecamatan Kemusu. Petugas pun langsung menuju TKP. Namun demikian, sesuai simulasi ada tugas yang harus diemban masing- masing jajaran.

Baca Juga :  Menhub Budi Karya Kunjungi Pos Terpadu Ops Ketupat Candi 2024 Polres Boyolali

Tugas sesuai tupoksi masing- masing.
Sesuai simulasi, begitu ada longsor, maka petugas daerah setempat langsung mengontak Kepala BPBD. Gerak cepat dilakukan  karena musibah tanah longsor tersebut dimungkinkan menimbulkan korban jiwa.

TRC BPBD langsung mendatangi lokasi untuk memasang garis polisi.

Tujuannya, agar tidak ada yang melintasi daerah longsor tersebut. Tim BPBD juga langsung melakukan kajian cepat dan melaporkannya ke bupati untuk penaikan status tanggap darurat.

Hingga akhirnya, BPBD mendirikan posko penangana bencana di lokasi kejadian dan di kantor BPBD.

Baca Juga :  10 Menit Satlantas Polres Boyolali Berhasil Evakuasi Korban Laka Tunggal di Tol KM 489 A

Secara bersamaan tim terkait lain juga mulai masuk ke lokasi bencana untuk melakukan evakuasi hingga menangani pengungsi.

Selain itu, tim keamanan juga berjaga di lokasi kejadian untuk mencegah terjadinya perbuatan kriminal.

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Boyolali, Eko Suharsono menjelaskan simulasi atau latihan untuk mensinkronasikan seluruh sumber daya yang terlibat.

“Sehingga masing-masing sumberdaya mengetahui apa, kapan yang harus dikerjakan. Sekaligus penanganan bencana tanah longsor ini berjalan maksimal sesuai dengan kebutuhan.”  Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com