JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dalam Survei Cawapres 2024, Prabowo dan Ganjar Kalah Jauh dari Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) periode 2020-2024, Sandiaga Uno berpose usai serah terima jabatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu, 23 Desember 2020. Sandiaga menggantikan Wishnutama Kusubandio sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2020-2024 / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan Menhan Prabowo Subianto memiliki elektabilitas yang tinggi sebagai Capres 2024.

Namun dalam hal elektabilitas sebagai Cawapres, Ganjar maupun Prabowo justru berada di posisi bawah Anies maupun Sandiaga Uno.

Politika Research & Consulting (PRC) menyebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memiliki elektabilitas tertinggi calon wakil presiden (cawapres) 2024 dengan 12,5 persen.

Disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 6,1 persen dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 3,9 persen.

Direktur Eksektuf PRC Rio Prayogo memaparkan hasil elektabilitas calon wakil presiden yang ditemukan dengan menggunakan pertanyaan terbuka, dimana responden dapat menyebut tokoh secara bebas yang diinginkan untuk menjadi cawapres.

“Kalau dalam proses politik praktis, (proses) ini kami sebut dengan (istilah) definitive footers. Biasanya, orang yang menjawab dengan pertanyaan terbuka (itu) tingkat kebulatan tekad dan loyalitas terhadap suatu figur sudah sangat kuat,” ujar Rio dalam diskusi daring pada Senin (15/11/2021).

Baca Juga :  Usai Gugatannya Ditolak MK, OSO hingga Hary Tanoe Merapat di Kediaman Megawati, Bahas Kemungkinan Jadi Oposisi

Selain itu, data yang diperoleh PRC perihal elektabilitas Cawapres pada segmen pemilih muda (Generasi Milenial dan Generasi Z) juga mengalami hasil yang serupa, dimana ketiga nama tersebut memiliki elektabilitas teratas sebagai Cawapres di Pilpres 2024, dengan elektabilitas tertinggi diperoleh juga oleh Sandiaga Uno dengan angka 15,1 persen.

Menanggapi data tersebut, menurut Rio, hasil survei PRC yang dilakukan selama setidaknya 4 kali dalam waktu 2 tahun terakhir selalu menunjukkan nama Sandiaga Uno yang utamanya diminati sebagai Cawapres.

“(Hasil) ini bisa dimaklumi karena memang ia (Sandiaga Uno) beredar dalam proses politik Indonesia selain menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta dari Anies, kemarin (Pilpres 2019) juga mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Jadi, memori masyarakat tentang Sandiaga Uno terasosiasikan dengan sosok sebagai wakil,” ujar Rio.

Selain nama-nama diatas, PRC juga mendapatkan juga beberapa nama lainnya sebagai Cawapres yang disebut responden dan kemudian masuk kedalam laporan PRC, meliputi Tri Rismaharini, Gatot Nurmantyo, dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Baca Juga :  Pemindahan ASN ke IKN Dimulai September 2024, Yang Sudah Menikah Boleh Bawa Keluarganya

Berikut hasil lengkap data survei elektabilitas Cawapres yang diperoleh PRC:

 

Sandiaga Uno (12,5 persen)

Anies Baswedan (6,1 persen)

Ganjar Pranowo (3,9 persen)

Prabowo Subianto (2,9 persen)

Ridwan Kamil (2,9 persen).

Ma’ruf Amin (2,7 persen)

Tri Rismaharini (2,0 persen)

Agus Yudhoyono (2,0 persen)

Gatot Nurmantyo (1,3 persen)

Basuki Tjahaja Purnama (1,1 persen)

Lainnya (6,5 persen)

 

Tidak Menjawab (56,1 persen)

 

Kemudian, berikut hasil lengkap data survei elektabilitas Cawapres pada segmen pemilih muda (Generasi Milenial dan Generasi Z):

 

Sandiaga Uno (15,1 persen)

Anies Baswedan (4,7 persen)

Ganjar Pranowo (4,5 persen)

Ma’ruf Amin (3,1 persen)

Agus Yudhoyono (2,9 persen)

Prabowo Subianto (2,9 persen)

Ridwan Kamil (2,7 persen)

Tri Rismaharini (2,5 persen)

Basuki Tjahaja Purnama (1,2 persen)

Susi Pudjiastuti (0,8 persen)

Lainnya (6,4 persen)

 

Tidak Menjawab (53,2 persen)

 

Survei ini dilakukan pada 8 Oktober hingga 4 November 2021, dengan total responden sebanyak 1.220 orang yang tersebar di 34 provinsi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com