JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Diguyur Hujan Semalaman, Satu Rumah di Gilingan Nyaris Ambrol

Warga meninjau rumah longsor di Kampung Cinderejo, Gilingan, Banjarsari, Solo. Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Satu rumah warga yang terletak di Kampung Cinderejo Lor, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo nyaris ambrol setelah diguyur hujan semalaman, Selasa (23/11/2021). Pasalnya, pondasi bangunan rumah yang berada di tepi Kali Anyar tersebut tergerus air sungai dan longsor.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka melakukan peninjauan secara langsung dampak longso ke rumah warga tersebut, Rabu (24/11/2021) siang. Gibran akan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan warga terdampak.

“Ya nanti diberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan. Kita pastikan dulu kerusakannya,” urainya, Rabu (24/11/2021).

Baca Juga :  Ribuan Kaum Muslimin Laksanakan Salat Idul fitri 1445 H di Halaman Edutorium UMS

Berdasarkan kerusakan di lapangan, terlihat tembok bagian belakang rumah nyaris roboh setelah pondasi bangunan longsor. Menurut anak pemilik rumah, Rahmat (30), longsor terjadi berawal dari hujan lebat yang terjadi sepanjang Selasa. Kemudian sekitar pukul 17.45 WIB terdengar suara gemuruh yang cukup keras di arah belakang rumah.

“Saat dilihat, ternyata separo dari tembok bagian beakang rumah sudah terbelah. Saat itu kami sekeluarga ada di bagian depan rumah. Ketika suara keras kami langsung pergi dan melihat kondisi tembok,” paparnya.

Rahmat menambahkan, pondasi di bagian rumah diketahui amblas dan membuat retakan pada tembok sekitar delapan meter. “Kalau dilihat dari belakang ya bangunannya sudah nggak nempel ke pondasinya karena sudab ambrol. Semantara ini ya tidak ke dapur dan kamar mandi dulu karena takut roboh sewaktu-waktu,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pecah! Penumpang KRL Solo-Yogya Overload Selama Libur Lebaran, KCI Imbau Prioritaskan Tempat Duduk untuk Penumpang Gendong Anak

Sementara itu, Lurah Gilingan, Joko Partono membenarkan kejadian longsor di rumah salah satu warganya tersebut. “Tadi Pak Wali (Wali Kota Solo) sudah meninjau lokasi. Sesuai arahan beliau nanti segera diupayakan untuk pemberian bantuan. Baik untuk pemilik usahanya maupun pemilik bangunan yang mengalami kerusakan itu,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com