JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Hadiri HUT ke-104 Karanganyar, Gibran:  Karanganyar Partner Strategis, Terbuka Kemungkian Kerja Sama Saling Mengisi

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka (baju batik) saat hadir dalam acara HUT ke-104 Karanganyar / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Momentum upacara peringati HUT  ke-204 Kabupaten Karanganyar, Kamis (18/11/2021) terbilang istimewa,  karena dihadiri oleh Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Apalagi secara terang-terangan Gibran mengatakan Karanganyar adalah partner strategis dan saling mengisi karena Kota Solo tidak bisa berdiri sendiri.

Bahkan menurut Gibran posisi yang strategis dan memiliki kesamaan itu maka alangkah lebih baik jika Kota solo dan Kabupaten Karanganyar dilakukan kerjasama resmi.

“Karanganyar sangat luar biasa baik potensi sumber daya alam serta kinerja Bupati Juliyatmono yang patut diapresiasi kelak tidak tertutup kemungkinan dilakukan kerja sama,” tandasnya di sela menghadiri upacara HUT ke-104  Karanganyar di GOR RM Said Karanganyar, Kamis (18/11/2021).

Menurut Gibran, selama ini sudah terjadi koordinasi kerjasama informal antara Solo dengan Karanganyar di antaranya sektor pariwisata dan bisnis perhotelan.

“Kita lihat banyak General Manager atau GM hotel baik di Solo dan di Karanganyar diisi oleh warga dua kota tersebut belum lagi sinergi sektor wisata,” ujarnya.

Untuk itu ke depannya lanjut Gibran alangkah lebih kuat dilakukan Memorandum  of Understanding (MoU) antara Kota Solo dan Kabupaten Karanganyar pada sejumlah sektor,  mengingat potensi Karanganyar luar biasa unggul.

Secara teknis nanti masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kedua daerah yang menindaklanjuti teknis sektor yang akan dikerjasamakan.

Pada prinsipnya kedua daerah ini harus bersinergi karena antara Karanganyar dan Solo itu memiliki banyak kesamaan. Pun sama juga kedua daerah ini tidak perlu berkompetisi melainkan harus saling mengisi.

Adapun sasaran jangka pendek sinergi itu adalah penanganan covid 19, vaksinasi dan persoalan ekonomi disaat pandemi seperti ini.

“Prinsipnya Karanganyar ini luar biasa keunggulannya sehingga harus dikembangkan,” pungkasnya.

Menanggapi pernyataan Gibran tersebut, Bupati Karanganyar Juliyatmono MM mengaku berterima kasih atas apresiasi Walikota Solo tersebut.

“Kami berterima kasih dan kami siap melakukan kerjasama dengan Kota Solo karena pada hakekatnya Karanganyar dan Solo itu sama dan tidak bisa terpisahkan serta harus seiring dan saling mengisi,” tandas Bupati. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com