JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Tingkat Jateng 2021 Wonogiri Rebut Peringkat Satu Kategori Faktor Penguat

Penghargaan
Gubernur Ganjar Pranowo (pakaian adat) menyerahkan penghargaan IDSD tingkat Provinsi Jateng 2021 kepada Bupati Wonogiri Joko Sutopo (tengah berpeci). Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Tren positif raihan penghargaan bergengsi oleh Wonogiri terus berlanjut. Terkini, kabupaten yang diapit Jatim, DIY dan Samudra Hindia itu sukses menempati peringkat pertama untuk Provinsi Jateng.

Pada ajang aanugerah Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) tingkat Provinsi Jateng tahun 2021, Kabupaten Wonogiri menempati peringkat satu. Khususnya pada kategori faktor penguat (enabling environment).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo kepada Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek. Penyerahan hadiah digelar di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda & Litbang) Kabupaten Wonogiri Heru Utomo,
anugerah yang diterima Wonogiri itu merupakan apresiasi dalam menjalankan Enabling Environment. Berupa pilar kelembagaan, pilar infrastruktur, dan pilar perekonomian daerah.

Baca Juga :  Yes, Pembelajaran Tatap Muka Full 100 Persen SD di Wonogiri Segera Digelar, ini Syaratnya

“Tahun ini, Wonogiri meraih juara dalam kategori aspek faktor penguat atau enabling environment. Sedangkan pada 2020 lalu, Wonogiri juga meraih juara dalam kategori aspek ekosistem inovasi,” beber Heru, Kamis (25/11/2021).

Prestasi yang digawangi Bappeda & Litbang Wonogiri itu menjadi awal yang baik untuk meningkatkan kinerja pemerintahan daerah Wonogiri yang maju, mandiri dan sejahtera.

Baca Juga :  Uswatun Hasanah, Doktor 3 in 1 Cantik Asli Wonogiri ini Kini Menjabat Kepala Disdikbud Provinsi Jateng, Jago Nyanyi dan Nulis Buku

Untuk diketahui, IDSD merupakan alat ukur untuk mengetahui tingginya indeks daya saing di masing-masing daerah. Ada empat aspek IDSD, yakni aspek penguat (enabling environment), aspek sumberdaya manusia, aspek pasar, dan aspek ekosistem inovasi.

Wonogiri memperoleh skor IDSD tertinggi di aspek penguat. Wonogiri dinilai berhasil mewujudkan tata kelola pemerintahan baik, keamanan dan ketertiban kondusif, peningkatan Infrastruktur mantap, pemenuhan kebutuhan infrastruktur air bersih, ruang terbuka hijau memadai serta stabilitas ekonomi dan keuangan daerah yang baik. Aris

Bagi Halaman