JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini 3 Olahraga Terbaik buat Kesehatan Jantung

Ilustrasi olahraga. Pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Ada berbagai cara untuk memiliki tubuh tetap sehat dan bugar. Berolahraga atau mengeluarkan keringat adalah salah satu caranya. Mulai berjalan-jalan ringan, senam dan lain sebagainya, olahraga dengan menggerakkan tubuh akan memberikan manfaat psikologis dan fisik yang serius.

Berbeda dengan ketika berbicara tentang latihan terbaik untuk kesehatan jantung, Michael Weinrauch, MD, seorang ahli jantung yang berbasis di New Jersey, menjelaskan ada tiga jenis kebugaran yang terbaik.

“Saya ingin menekankan bahwa bahkan sedikit olahraga teratur bermanfaat, seperti berjalan kaki. Yang mengatakan, semakin Anda dapat menyelesaikan latihan Anda, semakin baik,” ujar Dr. Weinrauch, seperti dilansir dari laman Pop Sugar. Jika Anda memiliki beberapa jam ekstra untuk berolahraga setiap minggu, Dr. Weinrauch merekomendasikan aktivitas aerobik, latihan kekuatan, serta mobilitas dan fleksibilitas.

3 latihan terbaik untuk kesehatan jantung, menurut ahli jantung

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

1. Aktivitas aerobik
“Untuk kesehatan jantung, tujuannya adalah membuat Anda bernapas lebih keras, dan jantung Anda berdetak lebih cepat, atau dikenal sebagai aktivitas aerobik,” kata Dr. Weinrauch. “Menggabungkan aktivitas fisik intensitas sedang dan kuat adalah cara terbaik untuk mencapai ini. Pikirkan: berjalan dengan berlari dan joging.

“Selain memperkuat jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, aktivitas aerobik juga terbukti membantu meningkatkan fungsi kognitif, mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, dan memperbaiki suasana hati.

2. Latihan kekuatan

Pedoman pemerintah Amerika Serikat menyatakan bahwa semua orang dewasa harus melakukan latihan kekuatan untuk semua kelompok otot utama setidaknya dua hari seminggu. Dr Weinrauch mengatakan bahwa ini sangat penting untuk orang dewasa yang lebih tua karena latihan kekuatan dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membantu mengurangi kemungkinan Anda jatuh. “Ketika dipertahankan selama beberapa tahun, latihan ketahanan mengarah pada peningkatan massa otot tanpa lemak dan penurunan timbunan lemak terkait usia. Ini juga telah terbukti menurunkan tekanan darah,” tambah Dr. Weinrauch. Baik Anda memilih latihan berat badan atau memasang sepasang dumbel, semua manfaat ini menjadikan latihan kekuatan sebagai tambahan yang layak untuk rotasi mingguan Anda.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

3. Fleksibilitas dan mobilitas

Menurut Dr Weinrauch, fleksibilitas dan mobilitas sangat penting untuk kesehatan jantung. Fleksibilitas mengacu pada kemampuan otot untuk meregangkan sementara mobilitas mengacu pada apakah persendian dapat mencapai rentang gerak penuh atau tidak.) cedera pada pelari dan membantu mencegah jatuh dan menjaga mobilitas pada individu yang lebih tua,” tambah Dr Weinrauch. Dengan kata lain, fleksibilitas dan mobilitas memungkinkan Anda untuk terus melakukan semua hal lain yang Anda sukai (dan dalam prosesnya mengendurkan sistem saraf Anda).

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com