JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Innalillahi, 35 Ibu Hamil di Sragen Meninggal Saat Melahirkan. Kasusnya Meroket 350 %, 25 Kematian Dipicu Positif Covid-19

“Tahun lalu kalau enggak salah hanya 8 kasus kematian ibu melahirkan. Enggak sampai 10 kasus,” urainya.

Ia menjelaskan hampir semua kasus kematian ibu melahirkan tahun ini, sebelumnya sudah terdeteksi dalam kondisi risiko tinggi kehamilan.

Bulan Juli saat puncak pandemi, menjadi bulan dengan angka kematian ibu melahirkan paling tinggi. Sebelumnya, dari kurun Januari sampai Juni 2021, kasus kematian ibu masih di bawah angka 10..

Baca Juga :  Jumlah Peserta Gowes Tour de Sragen Membeludak, Bupati Sampai Kaget. Finishnya di Obyek Wisata yang Lagi Viral

“Puncaknya pas bulan Juli kemarin di mana itu menjadi puncak kasus Covid-19. Apalagi saat itu vaksinasi belum begitu massif,” urainya.

Hargiyanto menambahkan selain akibat Covid-19, kematian ibu melahirkan tahun ini juga disebabkan beberapa faktor.

Baca Juga :  Kasus Perkosaan Massal Siswi SD di Sragen, Polda Jateng Ungkap Ada Pria Berinisial BS, T dan 3 Laki-Laki. Kabid Humas Sebut Laporan Awal Kejadian di Rumah Kosong!

Di antaranya karena adanya penyakit penyerta seperti jantung, paru dan pre eklamsia berat (PEB). Dari 10 kasus Kematian non covid-19, enam di antaranya terdeteksi mengalami PEB.

“Paling banyak PEB, kemudian ada penyakit bawaan dan mengalami perdarahan juga,” tandasnya. Wardoyo

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua