JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jembatan Nambangan Selogiri-Nguter Dipasangi 3 Lampu Penerangan, Tak Lagi Bikin Pengendara Takut

Penerangan jalan
Pemasangan PJU di jembatan Nambangan. Dok. Dishub Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Akhirnya lampu penerangan jalan umum (PJU) di sekitar jembatan Nambangan Selogiri selesai dipasang. Kini kawasan sekitar jembatan penghubung Nambangan-Nguter Sukoharjo itu tak lagi gelap gulita ketika malam.

Ada dua lampu dipasang di sisi selatan jembatan. Sementara lampu ketiga dipasang di badan jembatan.

Untuk diketahui sungai Bengawan Solo yang melintas di bawah jembatan Nambangan memisahkan dua kabupaten. Sisi utara jembatan atau sungai merupakan wilayah Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan sisi selatan masuk Kabupaten Wonogiri.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri Waluyo mengatakan pihaknya memasang PJU di sekitar Jembatan Nambangan yang baru-baru ini rampung dibangun dan sudah dilewati pengendara. PJU itu dipasang di jalan kabupaten. Lampu yang digunakan berdaya listrik, bukan jenis solar cell atau tenaga surya.

“Jadi kita pasang lampunya dua buah di sisi selatan jembatan yang masih jalan kabupaten,” kata Waluyo, Senin (22/11/2021).

Ada tiga titik lampu dipasang, pada tahap pertama di hari Rabu (17/11/2021) lalu dipasang dua titik dulu. Sementara lampu ketiga dipasang di tengah jembatan, Senin (22/11) hari ini.

Baca Juga :  Mengenal Pemanfaatan Program Indonesia Pintar di Ujung Barat Laut Wonogiri

Meskipun dipasang di tengah jembatan, dia memastikan tidak merubah atau merusak struktur jembatan yang baru saja kelar digarap itu. Pasalnya, pemasangan satu tiang PJU diletakkan di penyangga (pondasi) jembatan sehingga dipastikan tetap kuat dan tidak merusak struktur jembatan.

“Kita tempatkan di penyangga jembatan, jadi pemasangannya kita klem sehingga dipastikan aman dan tidak merusak struktur jembatan, caranya seperti itu,” ujar dia.

Mantan Kepala Satpol PP Wonogiri ini menuturkan, pihaknya sudah melakukan kajian teknis terkait PJU yang dipasang di jembatan itu. Selain itu, ada koordinasi dengan Dishub Sukoharjo terkait pemasangan PJU di sebelah utara jembatan yang masuk di wilayah Sukoharjo.

Menurut dia, tiga lampu yang dipasang itu diproyeksikan bisa bermanfaat kepada pengendara. Beberapa waktu usai dilintasi kendaraan, Jembatan Nambangan memang gelap gulita. Jembatan itu dipakai dua arah, dari arah Selogiri Wonogiri dan juga Nguter Sukoharjo. Selain itu, sempat ada warga yang mengeluhkan gelapnya jembatan itu.

Baca Juga :  Melepaskan Kekhilafan Memurnikan Hati dan Memperkuat Silaturahmi

Waluyo mengatakan, diharapkan dengan adanya PJU di sekitar Jembatan Nambangan bisa membuat pengendara yang melintas disana merasa nyaman. Dengan adanya PJU, potensi terjadinya kecelakaan disana bisa diminimalkan.

Untuk diketahui, jembatan itu sudah ramai dilewati kendaraan. Mulai dari pesepeda hingga kendaraan roda dua maupun roda empat. Saat malam hari, masih ada sejumlah pengendara melintasi jembatan itu meskipun kondisinya gelap.

Dia pun juga memastikan, seluruh LPJU yang dipasang di Jembatan Nambangan itu sudah bisa difungsikan penuh mulai malam ini.

“Kemarin sudah disimulasikan, sudah cukup terang dan sangat membantu. Pengendara yang melintas akan merasa aman dan nyaman,” kata Waluyo.

Kendati demikian, Waluyo berharap kepada masyarakat yang melintas untuk selalu hati-hati. Walaupun sudah terang, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap memperhatikan kondisi sekitar dan rambu-rambu yang dipasang. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com