JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kisah Dramatis,  Enam Jam Api Berkobar Membakar Gudang Benang dan Gudang Oli PT Sekar Limatex

Petugas pemadam kebakaran tengah berjibaku memadamkan api / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Kebakaran yang terjadi di pabrik tekstil PT Sekar Limatex Jl Solo Sragen Km 8 Desa Jetis, Jaten, Karanganyar, Jateng, Senin (22/11/2021) malam sangat dramatis.

Selama enam jam api berkobar membakar gudang kain, gudang oli hingga membakar sejumlah mesin tekstil yang ada.

Karena hebatnya kebakaran,  sebanyak 12 unit mobil pemadam kebakaran dari Soloraya yang dikerahkan sempat kewalahan.

Api bergerak cepat sejak diketahui terjadi percikan di kantor arsip pukul 19.00 WIB hingga pukul 01.30 WIB api baru bisa dijinakkan.

Kapolsek Jaten AKP Yuni Marsianto mengatakan hingga keesokan harinya pun, Selasa (23/11/2021) siang mobil pemadam kebakaran dari Karanganyar masih melakukan penyemprotan air guna pendinginan puing-puing.

“Iya pagi ini Selasa (23/11/2021) masih dilakukan penyemprotan dilokasi,  sebab material oli yang terbakar hingga esok harinya masih panas dan berpotensi nyala kembali jika kena angin,” ungkapnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (23/11/2021).

Baca Juga :  Balon Udara Jatuh di Jatinom Gedong Ngadirojo Wonogiri, Bisa Picu Kebakaran hingga Gangguan Penerbangan

Kapolsek menjelaskan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan apalah karena faktor konsleting listrik atau faktor lainnya.

Namun berdasar pantauan dan keterangan anggota Polsek Jaten api pertama kali terjadi di ruang arsip lalu berusaha dipadamkan secara manual dengan appar.

Sejurus kemudian lanjut Kapolsek api bukannya padam tetapi merembet ke gudang benang dan selanjutnya membakar gudang benang dan masih merembet lagi ke gudang oli.

“Berdasar penyelidikan anggota api dimulai dari ruang arsip sebelum akhirnya merembet kemana-mana,” tandasnya.

Adapun jumlah kerugian belum bisa diketahui namun diperkirakan ratusan juta rupiah.

Sementara itu Kadi Penindakan Kantor Satpol PP Damkarlinmas Pemkab Karanganyar Agung Prasetyo yang saat itu bertugas piket resmi serta datang di TKP kebakaran mengatakan api nyaris saja merembet di gudang mesin namun untung pukul 01.30 WIB bisa dijinakkan.

Baca Juga :  Balon Udara Jatuh di Jatinom Gedong Ngadirojo Wonogiri, Bisa Picu Kebakaran hingga Gangguan Penerbangan

“Kami yang saat itu langsung turut membantu pemadaman diketahui sudah ada sekitar empat mesin tekstil yang terbakar di gudang oli. Dan api nyaris saja merembet di gudang mesin yang jumlahnya sangat banyak namun berhasil dipadamkan ,” ungkapnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Terpisah petugas pemadam kebakaran dari Kantor Satpol PP Damkarlinmas Karanganyar Ari Setyawan mengatakan proses pemadaman sangat dramatis memakan waktu enam jam.

“Api susah dipadamkan pada saat itu karena ada gudang oli dan gudang benang  yang terbakar,” ujarnya.

Sebagai informasi Senin (22/11/2021) saat mendung pekat menggelayut di Karanganyar dan Solo serta Sukoharjo terjadi kebakaran hebat di pabrik tekstil PT Sekar Limatex, Desa Jetis, Jaten, Karanganyar. Api berkobar selama enam jam. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com