JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Lawan Impor Buah, Sumanto Gelontorkan Bantuan Bibit Buah Lokal Senilai Rp 300 Juta

Ketua Komisi B DPRD Jateng, Sumanto menyerahkan bantuan bibit tanaman / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jateng Sumanto SH bersama Dinas Pertanian dan Perkebunan Kehutanan atau Disperhutbun Jateng menggelontorkan bantuan bibit buah lokal sebanyak 2.100 bibit senilai Rp 300 juta di Kabupaten Karanganyar, Kamis (25/11/2021).

Pemberian bibit buah lokal itu ditujukan untuk memacu produksi buah lokal agar berdaya saing melawan arus impor buah dari luar.

“Kita harus galakkan lagi harus support produk pertanian buah lokal sedari sekarang juga agar petani mampu bersaing dengan masuknya impor buah,” ungkapnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (25/11/2021) di sela penyerahan bibit lokal di Desa Tugu, Jumantono, Karanganyar.

Menurut Sumanto, bibit yang diberikan itu meliputi buah kelengkeng, jambu lokal, durian lokal serta buah lokal lainnya sebanyak 2.100 bibit.

Baca Juga :  Jelang Launching Masuknya 12 PO Bus Elit Milenial di Jatipuro,  Camat  Bangun Pool Bus Seluas 1 Hektar dan Renovasi Sub Terminal

Adapun jumlah penerima bibit tersebut sebanyak tujuh kelompok tani di Kabupaten Karanganyar. Selain bantuan bibit juga diberikan empat unit motor roda tiga guna menunjang pengangkutan produk pertanian serta 10 ton pupuk organik.

“Kami yakin dan optimis berdasar alam di Karanganyar bibit buah lokal itu dapat tumbuh subur dan produktif sehingga step by step kita belajar tidak bergantung pada buah impor,” ujarnya.

Untuk itu Sumanto berkomitmen mengawal anggaran sektor pertanian 2022 memberikan kontribusi strategis terhadap produk buah lokal dan pertanian lokal.

Pasalnya, lanjut Sumanto jika kepedulian  itu dari kita sendiri dan pemerintah maka lambat laun 20 tahun mendatang buah lokal bisa tenggelam kalah dengan buah impor.

Baca Juga :  Tabrak Lari di Jalur Gendruwo Kaling-Tasikmadu, Karanganyar, Ridhlo Wahyu Setiawan Meningal Dunia

“Padahal secara rasa dan tingkat higienisnya buah lokal lebih enak dan sehat namun akhir-akhir ini kita kalah di pemasaran dan produktifitas,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto SE mengapresiasi bantuan tersebut.

“Dengan bantuan ini diharapkan produksi buah lokal di Karanganyar terus bertambah,” ujarnya.

Terpisah Sekdes Tugu, Jumantono, Karanganyar Sujoko akan mengoptimalkan benih itu agar sukses panen.

“Kami sendiri memiliki lahan klengkeng dua hektar dan sekarang dapat bantuan untuk petani disini semoga produksi buah lokal dari Jumantono mampu berbicara di perdagangan regional,” ujarnya. Beni Indra

Bagi Halaman