JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Masak Nasi Goreng Tapi Lengket di Wajan? Yuk Ikuti Tips di Bawah Ini!

Ilustrasi masakan nasi goreng. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Nasi goreng merupakan salah satu makanan paling pas dilidah dan memiliki rasa yang enak. Pakar kuliner Nusantara dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada Dr Dwi Larasatie Nur Fibri mengatakan, nasi goreng merupakan makanan yang unik dan spesial karena banyak ragamnya.

“Setidaknya, ada 104 jenis nasi goreng tersebar di Indonesia yang terdiri dari 36 jenis nasi goreng yang dapat ditelusuri asal usulnya dan 59 lain merupakan jenis pengembangan yang tidak bisa ditelusuri daerah asalnya,” ujar dosen Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian ini dalam bedah buku Nasi Goreng Indonesia Cita Rasa Mendunia beberapa waktu lalu.

Nasi goreng dirasa menu yang paling aman untuk dirasakan. Setiap orang yang membuat nasi goreng tentu memiliki citarasa yang berbeda-beda. Itulah yang menyebabkan nasi goreng memiliki rasa yang unik.

Menurut Dwi, nasi goreng juga sudah menjadi jawaban bagi masyarakat untuk mengolah nasi sisa menjadi makanan bercita rasa.  Risiko nasi sisa jadi food waste pun bisa dihindari.

Resep untuk memasak nasi goreng memang mudah, namun menjadi menyebalkan ketika nasi yang kita masak menempel di wajan penggorengan. Kerap kali nasi yang menempel malah menjadikan nasi tersebut kering. Namun jangan khawatir, Chef asal India Kunal Kapur belum lama ini membagikan beberapa tips efektif untuk membantu mengatasi masalah agar ketika masak nasi goreng tidak lengket diwajan.

“Saya tahu banyak dari Anda berjuang dengan nasi yang menempel di wajan saat membuat nasi goreng, tetapi inilah solusi sederhana dan mudah dari saya,” kata Kunal dalam unggahan di akun Instagram-nya, dikutip melalui republika.co.id, Kamis (18/11/2021).

Cara ini tidak hanya dapat digunakan untuk nasi goreng saja, ternyata mie goreng juga dapat dilakukan dengan cara ini agar tidak lengket diwajan.

Panaskan wajan (aluminium/lainnya) dengan api besar
2. Tambahkan sedikit minyak dan gerakkan wajan perlahan agar minyak tersebar merata di wajan
3. Ketika minyak tinggal sedikit, matikan kompor, dan sisihkan
4. Panaskan wajan lagi. Wajan tak akan lengket lagi untuk dipakai memasak nasi goreng.

Langkah-langkah di atas merupakan cara agar ketika memasak nasi goreng tidak lengket diwajan. Inasya Salma Nabila

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com