JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menko Airlangga Hartarto: Artificial Intelligence Bantu Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19

Merujuk Brookings Report (2018), Airlangga menjelaskan, meningkatnya penetrasi AI ke berbagai aspek kehidupan juga menimbulkan masalah penting, seperti masalah akses data pribadi, bias dalam data dan algoritma, etika dan transparansi, serta tanggung jawab hukum.

“Ada beberapa rekomendasi untuk mengatasi masalah tersebut, seperti meningkatkan akses data, meningkatkan investasi Pemerintah dalam AI dan mempromosikan pengembangan tenaga kerja AI,” beber Menko Airlangga.

Selain itu juga membuat komite penasihat nasional, terlibat dengan pejabat pusat dan lokal untuk memastikan mereka memberlakukan kebijakan yang efektif, mengatur broad objectives yang bertentangan dengan algoritma tertentu, memelihara mekanisme untuk kontrol dan pengawasan manusia, mencegah perilaku jahat, serta mempromosikan keamanan siber.

Baca Juga :  Lestarikan Bumi Papua, Mayor Arm Hasran Harahap Pimpin Penanaman Ratusan Pohon Alpukat di Lanny Jaya. Warga Rame-Rame Mendukung

Sebuah survei yang dilakukan oleh Kearney dan EDBI (2020), papar Menko Airlangga,  memperkirakan bahwa AI dapat memiliki dampak keseluruhan yang kuat. Yakni, peningkatan Produk Domestik Bruto sebesar 10-18% di seluruh Asia Tenggara pada tahun 2030, atau setara dengan hampir US$1 triliun.

Oleh karena itu, Menko Airlangga mengatakan ASEAN harus meningkatkan dan memperkuat kerja sama dalam membentuk perkembangan teknologi AI di ASEAN.

Baca Juga :  Pemerintah Dorong SDM Generasi Muda Agar Bertalenta Digital dan Berwirausaha

Sebab hal itu akan memberikan keuntungan, tidak hanya untuk mengelola peluang dan tantangan yang berasal dari AI, tetapi juga untuk lebih memperkuat stabilitas dan kemakmuran kawasan dengan menggunakan digital roadmap di tahun-tahun mendatang.

“Saya berharap dari diskusi ini akan ada masukan yang bermanfaat dalam mengembangkan Makalah Konsep Regional Masa Depan dalam Bergabung dengan Penelitian Kecerdasan Buatan,” pungkas Menko Airlangga. Suhamdani

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua