JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pembelajaran Tatap Muka alias PTM Full atau 100 Persen di Wonogiri Rencananya Digelar Senin 22 November, ini Pertimbangannya

PTM
Seorang guru SMPN 1 Wonogiri memeriksa catatan ruangan pelaksanaan PTM terbatas. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pembelajaran tatap muka (PTM) full alias 100 persen di Wonogiri rencananya dilaksanakan pekan depan.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek menyebutkan pihaknya berencana menggelar PTM full pada pekan depan. Kebijakan itu diambil dengan pertimbangan matang dari sejumlah faktor.

Faktor pertama tidak ditemukan permasalahan selama pelaksanaan PTM terbatas 50 persen maupun 75 persen. Tidak ada kasus COVID-19 dari klaster PTM.

Pertimbangan selanjutnya adalah capaian vaksinasi COVID-19. Dimana saat ini capaian vaksinasi di Kota Gaplek mencapai 90 persen lebih untuk dosis pertama dan semakin bertambah.

“Kami melakukan evaluasi dengan adanya PTM yang sudah berjalan di Wonogiri. Karena tidak ada kendala saat PTM digelar, maka kami berencana menggelar PTM 100 persen,” jelas Bupati, Kamis (18/11/2021).

Selain itu status PPKM Wonogiri sudah semakin membaik. Sementara, capaian vaksinasi di Wonogiri secara kumulatif untuk dosis pertama sudah lebih dari 90 persen dan untuk dosis kedua juga makin menyusul.

Pertimbangan lainnya, kata bupati, siswa yang usianya di atas 12 tahun sudah divaksin semuanya, minimal di dosis pertama.

Karena sejumlah pertimbangan itu pihaknya berencana menggelar PTM 100 persen.

Baca Juga :  Di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri Terungkap Sederet Manfaat Safari Ramadhan

“Senin (22/11) besok rencananya akan kita gelar itu,” tutur Bupati.

PTM 100 persen juga demi memunculkan kegiatan belajar mengajar yang ideal. Dengan begitu, kualitas pendidikan akan lebih terjaga.

PTM 100 persen juga tidak akan menunggu masuknya Wonogiri ke wilayah PPKM level 1 terlebih dahulu. Joko Sutopo menjelaskan, selama proses monitoring yang telah dilakukan usai Wonogiri menggelar PTM tidak ditemukan potensi terjadinya infeksi korona di sekolah.

Bupati menuturkan, saat PTM digelar 100 persen, jam belajar mengajar di sekolah yang akan dibatasi. Semisal di kondisi normal siswa sekolah masuk pukul 07.00 hingga 13.00, nantinya saat PTM bakal lebih singkat.

Pihaknya mendorong SD/SMP sederajat di Wonogiri untuk melakukan PTM 100 persen. Menurut Bupati, kebijakan PTM sangat dinamis, kasuistik situasional. Rencana PTM 100 persen didasarkan syarat objektif untuk menggelar hal tersebut sudah terpenuhi.

“Untuk aspek teknisnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sudah diminta membikin simulasi. Opsi A, B dan C. Itu yang akan kami jadikan instrumen dalam menggelar PTM 100 persen,” kata pria yang akrab disapa Jekek itu.

Baca Juga :  Persempit Ruang Gerak Aksi Tawuran hingga Balap Liar selama Ramadhan 2024 ini yang Dilakukan Aparat

Bupati menuturkan, tidak semua sekolah memiliki siswa jumlah siswa yang ideal. Ada SD yang dalam satu rombongan belajar (rombel) hanya terdiri 10 siswa. Fakta riil di lapangan seperti itu. Sehingga batas minimal rombel dengan 20 siswa tak terpenuhi.

“Sistem ini nanti akan kita evaluasi. Kuncinya evaluasi. Penyelenggaraannya tetep bareng. Kalau satu rombel 10 orang yang hadir saat PTM 100 persen hanya 10 orang,” papar Jekek.

“Hal-hal seperti ini yang harus dipotret sebagai inventarisasi potensi kenapa kami berani berencana menggelar PTM 100 persen, batas minimal rombelnya tidak terpenuhi,” imbuh dia.

Sementara itu, di sejumlah daerah lain termasuk Wonogiri sedang mempersiapkan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Anak seusia itu biasanya duduk di kelas I-V SD. Bupati mengatakan, daerah belum mendapatkan instruksi khusus tentang apa yang harus dilakukan untuk anak usia dibawah 12 tahun.

Menurut Jekek, anak-anak memiliki imunitas yang cukup baik. Jika ada yang bergejala COVID-19 maka akan dilakukan tindakan sesuai SOP. Yang jelas, kata dia, selama ini PTM di Wonogirj berjalan baik tanpa sesuatu yang mengkhawatirkan. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com