JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pendaftaran Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Wonogiri Dibuka, Ini Syarat-syaratnya

Bupati Wonogiri
Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Saat ini pendaftaran program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi (mapres) di Wonogiri sudah secara resmi dibuka sejak, Jumat (12/11/2021).

Program ini terbuka bagi mahasiswa yang berprestasi asal Wonogiri. Namun tidak semua pendaftar bisa diterima dan secara otomatis menjadi penerima program. Pasalnya ada seleksi dan beberapa tahapan yang harus dilalui.

Untuk diketahui setiap mahasiswa yang lolos dalam program ini akan mendapatkan bantuan pendidikan. Besarannya adalah Rp12 juta dalam setahun alias Rp1 juta perbulan.

Untuk mereka yang ingin mendaftar bisa mengakses link pendaftaran di simapres.wonogirikab.go.id.

Di link itu, para calon pendaftar bisa mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan. Mulai dari syarat hingga timeline seleksi. Baik untuk calon penerima baru dan juga bagi calon penerima lama.

Baca Juga :  Asyiknya P5 Sehatkan Badan dan Bahagiakan Jiwa Siswa SMP di Jatisrono Wonogiri

Tahun lalu ada 600 penerima beasiswa dengan nominal Rp 12 juta itu. Di tahun ini, ada 615 mahasiswa yang bakal menerima beasiswa itu.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek menegaskan, program beasiswa bagi mapres ini bukan hanya demi meringankan beban atau biaya perkuliahan mahasiswa. Namun setelah mendapatkan beasiswa, para mahasiswa harus bisa membuktikan dengan sifat dan perilaku bahwa mereka pantas mendapatkan beasiswa itu. Mulai dari terbebas dari narkoba hingga mendapatkan indeks prestasi kumulatif (IPK) yang dinilai tinggi.

Penerima program harus bertanggungjawab dengan program yang sudah diterima. Diharapkan, ada kontribusi jangka pendek, menengah dan panjang dari penerima program bagi kemajuan Kota Gaplek.

Bupati mencontohkan, kontribusi jangka pendeknya, penerima program sebagai mahasiswa yang menjunjung tinggi Tri Dharma Mahasiswa ada yang namanya pengabdian masyarakat. Mereka harus bisa membaur ke masyarakat untuk memberikan edukasi hingga mentransformasi paradigma masyarakat dalam struktur sosial agar lebih berkualitas.

Baca Juga :  Kebakaran di POM Bensin Ngadirojo Wonogiri Hanguskan Honda Civic dan Pompa Solar, Begini Kronologinya

Sementara untuk jangka panjang, penerima program yang sudah sukses berkarir di bidang manapun bisa mengingat bahwa kesuksesan mereka juga tak luput dari perhatian Pemkab Wonogiri.

“Jadi untuk jangka panjangnya, mereka harus bisa berkontribusi untuk Wonogiri, membangun Wonogiri menjadi wilayah yang lebih baik lagi,” kata Bupati.

Sementara itu, ada syarat bebas narkoba yang harus disertakan usai pendaftar diterima. Jika ada yang positif narkoba maka posisinya sebagai penerima akan digantikan dengan peringkat di bawahnya. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com