JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pertama di Indonesia, Perkumpulan Anggungan Sukowati Dirintis di Sragen. Sekda Didapuk Jadi Pembina, Berkomitmen Jaga Kelestarian Satwa

“Perkumpulan ini kita bentuk bukan untuk melulu mengadakan lomba-lomba. Tapi lebih pada pemberdayaan satwa khususnya burung Anggungan kita pelihara sebaik-baiknya,” paparnya.

Para pengurus Anggungan Sukowati Sragen saat berpose bersama. Foto/Wardoyo

Imam menjelaskan perkumpulan itu dirintis karena melihat banyaknya komunitas dan penggemar burung kicau maupun anggungan di Bumi Sukowati.

Kemudian aktivitas gantangan yang banyak digelar tiap Sabtu dan Minggu, diharapkan bisa terwadahi secara legal di bawah perkumpulan yang dipimpinnya tersebut.

Lebih dari itu, keberadaan perkumpulan itu juga diharapkan bisa berkembang untuk pemberdayaan seperti membentuk koperasi yang mewadahi peternak hingga perajin sangkar.

Baca Juga :  Klaim Selalu Masuk 3 Besar Survei, Mantan Wabup Dedy Mengaku Sudah Ada yang Siap Mendanai ke Pilbup. Sebut Penolakannya Relatif Kecil!

“Seperti kita tahu, ada gantangan Sabtu Minggu ramai digelar. Tapi saya lihat belum ada satupun yang terdaftar di Kesbangpol. Makanya kami bergerak untuk memberi teladan biar nanti bisa mengakomodir semua kelompok sehingga memperkuat ekonomi juga,” terangnya.

Imam menambahkan pengurus yang dilantik hari ini adalah pengurus tingkat kabupaten. Secara bertahap, nantinya akan dilanjutkan dengan pembentukan pengurus di semua kecamatan.

Baca Juga :  Perjalanan Karier Guntur Sulistyo, Atlet Timnas Futsal Asal Sragen yang Raih Perak Sea Games 2022. Beralih ke Futsal Usai Berantakan

“Selain Pak Sekda sebagai Dewan Pembina, Kepala DKK Hargiyanto juga kita tunjuk sebagai Dewan Penasehat. Harapan kami, nanti perkumpulan ini ke depan bisa menjadi organisasi seperti KONI atau DKDS begitu,” tandasnya.

Kegiatan pelantikan itu ditutup dengan pelepasan burung ke alam bebas secara serentak. Wardoyo

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua