JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Pertamina Foundation Dampingi Budidaya dan Konservasi Tukik di Kebumen

Pendampingan dan pelatihan budidaya tukik oleh Pertamina dan BenihBaik.com kepada masyarakat desa di Kebumen / Istimewa
   

KEBUMEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Kembali berkolaborasi dengaan BenihBaik.com, Pertamina Foundation melakukan pemberdayaan masyarakat desa.

Pendampingan tersebut diharapkan bisa bermanfaat bagi  laju roda perekonomian berkelanjutan dan terpadu.

Kali ini, kegiatan tersebut menyasar para perempuan yang berada di Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Program tersebut mengedepankan misi pelestarian ekosistem dan penguatan kesejahteraan masyarakat. Kegiatannya berupa pelatihan khusus terkait budidaya dan konservasi tukik, pemberdayaan wanita desa pendukung ekonomi di sekitar wilayah konservasi, serta pembangunan infrastruktur desa.

Melalui program tersebut, diharapkian kelak akan tercipta suatu ekosistem desa terpadu dan berkelanjutan, sekaligus membentuk cagar ekowisata budidaya dan konservasi tukik.

Seremoni peluncuran konservasi tukik diselenggarakan pada Selasa (16/11/2021) di Kantor Dinas Bupati, Jalan Mayjend Soetoyo, Kebumen.

Baca Juga :  Usai Laporkan Dugaan Perselingkuhan Suami, Isteri TNI Ini Malah Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Polda Bali

H Arif Sugiyanto, SH selaku Bupati Kebumen menyambut baik upaya konservasi.

“Saya launching kegiatan konservasi tukik di Kebumen atas prakarsa Pertamina Foundation dan BenihBaik.com,” katanya, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Program bantuan CSR dari Pertamina itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas atau taraf hidup masyarakat desa, dengan mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki.

“Program ini terkait dengan biodiversitas dan efeknya multiplier,” kata Agus Mashud S Asngari, Presiden Direktur Pertamina Foundation.

Pertama, menurut Agus adalah membangun infrastruktur. Dan berikutnya, adalah memberdayakan kelompok masyakarat yang peduli tukik akan mampu mandiri secara finansial.

“Kita berharap program konservasi tukik ini menjadi sustainable,” katanya.

Untuk menggapainya, para perempuan di desa itu mendapatkan binaan serta bimbingan usaha sebagai bentuk upaya pemerataan dan penyeimbang tingkat perekonomian warga desa, yang sebagian besar memiliki fokus pada pengembangan dan konservasi tukik (penyu).

Baca Juga :  Duh, Tragis! Mayat Seorang Wanita Dicor di Dalam Rumah di Sulsel

Sementara itu, Founder & CEO BenihBaik.com, Andy F Noya mengatakan,  energi anak-anak muda untuk membangun daerahnya lebih tinggi secara umum.

Pengembangan daerah ini, dapat dimulai oleh pimpinan daerah yang kreatif dan energik atau anak mudanya. Dan yang tak kalah penting adalah kemampuan membuat terobosan baru.

“Dan yang penting, jangan pelit atas ilmu dan kisah inspirasi. Kita harus bagikan. Semoga kerja sama ini mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat sehingga terjadi peningkatan kesejahteraan antara BenihBaik.com, Pertamina Foundation, dan difasilitasi oleh Pemerintah Daerah Kebumen,” lanjut Andy. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com