JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

PPKM Level 2 Beri Angin Segar Bus Trans Jateng Jurusan Solo-Sragen. Jokowi Sebut Tren Penumpang Terus Meningkat

Bus Trans Jateng Koridor I Solo-Sumberlawang. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebijakan pelonggaran dan aktivitas pembelajaran terbatas yang mulai diberlakukan di sekolah ternyata berdampak positif terhadap operasional Bus Trans Jateng Koridor I.

Bus yang melayani rute Terminal Tirtonadi Solo-Sumberlawang Sragen mencatat mengalami lonjakan penumpang sejak adanya pelonggaran selama PPKM level 2 di Soloraya.

Hal itu disampaikan Koordinator Lapangan Trans Jateng Koridor I, Joko Widodo. Pria bernama sama dengan Presiden RI itu mengatakan antusias penumpang semakin meningkat setiap hari.

Sekolah-sekolah pada rute Koridor I meminta titik pemberhentian Trans Jateng. Hal itu berdampak pada antusias kalangan pelajar memanfaatkan layanan Bus Trans Jateng karena pengelola memang memasang rambu-rambu pemberhentian di dekat sekolah.

Baca Juga :  Gara-gara Jualan Obat Mercon Saat Bulan Suci Ramadhan Pemuda di Sragen Ditangkap Polisi Terancam Pidana

“Ada tren peningkatan penumpang setiap hari. Ini cukup bagus,” paparnya kepada wartawan kemarin.

Sementara, salah satu Koordinator Layanan BRT Trans Jateng Koridor I, Lasdiyanto mengungkapkan memang ada peningkatan jumlah penumpang sejak Juli sampai kemarin.

Dari catatannya, jumlah peningkatan lebih dari 10 persen per bulan.

“Alhamdulilah setelah lonjakan pada gelombang kedua mulai bulan Mei. Ada peningkatan setiap bulannya,” ujarnya.

Ia menggambarkan jumlah penumpang pada Juli 19.418 orang, 24.783 orang pada Agustus, 29.787 orang pada September, 35.621 orang pada Oktober, dan 23.929 penumpang November per Rabu (18/11/2021).

Dari angka itu, penumpang paling banyak masih didominasi kalangan umum yang terdiri dari, antara lain pekerja. Kemudian penumpang kalangan pelajar dan kalangan veteran.

Baca Juga :  Polda Jateng Gunakan Helikopter Untuk Pengecekan Persiapan Mudik Lebaran 2024 Dan Mendarat di Polres Sragen Cek Kesiapan Anggota

Jumlah penumpang yang sebelumnya dibatasi 20 orang per bus kini bisa tidak dibatasi lagi atau bisa menampung maksimal 40 penumpang.

Namun, penumpang wajib memakai masker, tangan disemprot hand sanitizer oleh petugas, dan tidak boleh makan selama perjalanan.

“Semua kru sudah divaksinasi dan kami sedang tahap sosialisasi kepada penumpang untuk memakai aplikasi Peduli Lindungi dengan memindai barcode,” jelasnya.

Sekadar tahu, jumlah Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng Koridor I ada 14 unit yang beroperasi mulai pukul 05.00 WIB sampai 17.30 WIB. Tujuh bus mulai beroperasi dari Terminal Tirtonadi dan sisanya dari Terminal Sumberlawang, Sragen. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com