JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Sempat Dihentikan Karena Pandemi Covid-19, Festival Wayang Bocah di Solo Kembali Digelar

Wali Kota Solo, Giobran Rakabuming Raka foto bersama dengan para pemain Festival Wayang Bocah 2021 dilaksanakan Minggu-Senin (7-8/11/2021), di Gedung Wayang Orang (GWO). Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARMEWS.COM — Sempat dihentikan karena pandemi covid-19 merebak, Pemkot Solo kembali menggelar Festival Wayang Bocah 2021. Festival Wayang Bocah 2021 dilaksanakan Minggu-Senin (7-8/11/2021), di Gedung Wayang Orang (GWO).

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Solo, Agus Santoso mengungkapkan, kondisi PPKM level 2 Kota Solo yang mulai kondusif menjadi salah satu pertimbangan digelarnya kembali festival ini.

“Sekarang kan sudah mulai landai, di Kota Solo juga sudah tidak ada yang karantina. Semua sehat, lansia juga sudah divaksin semua. Kita sudah di level 2. Makanya kembali diadakan (festival),” urainya, Senin (8/11/2021).

Agus berharap melalui kegiatan tersebut dapat melestarikan budaya wayang orang di Kota Solo. Melalui festival wayang bocah, diharapkan juga dapat menjadi tongkat estafet budaya Kota Solo.

Baca Juga :  Kasus DBD Solo Melonjak, 2 Pasien Meninggal Dunia

“Kalau pelaku seni wayang orang sudah tua, siapa yang akan menggantikan? Kan ya adik-adik kita ini,” imbuhnya.

Sementara itu, pada hari pertama festival menampilkan tujuh sanggar yakni Sanggar Langit dengan judul Kalimasada Murca, Sanggar Pincuk dengan judul Wiwara Sempalaning Kandha, Sanggar Tari Sang Citra Budaya dengan judul Arya Bimantara, Sanggar Gedhong Kuning dengan judul Sasetyo Ning Bawana, Sanggar Gendewo Pinentang dengan judul Sekar Mandaraka, Sanggar Metta Budaya dengan judul Bratayoga, dan Sanggar Sarwi Retno Budaya dengan judul Samparan Sampiranku.

Baca Juga :  Keluarkan SE THR untuk Ojol dan Kurir, Pemkot Solo: Sifatnya Imbauan, yang Memutuskan Aplikator

Sedangkan empat sanggar tampil di hari kedua yaitu Semarak Candrakirana Art Center menampilkan Atanaya Pawitra, Sanggar Soeryo Soemirat GPH Herwasto Kusuma Surakarta menampilkan Siswa Pinilih, Sanggar Girli Budaya Sejahtera menampilkan Satriya Kusumaning Bangsa, dan Bengkel Seni Adanu Jumantoro menampilkan Narayana.

Pada hari kedua, Senin (8/11/2021) Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berkesempatan hadir menyaksikan penampilan para wayang bocah tersebut.

“Ya event budaya di Solo kita genjot lagi, akan kami rutinkan lagi. Meski diadakan dengan jumlah penonton yang terbatas, saya yakin bisa mentriger pertumbuhan ekonomi di Solo,” tukas Gibran. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com