JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Sirkuit Mandalika Diresmikan dan Dijajal Jokowi, Adu Balap Kelas Dunia Siap Gigelar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjajal trek Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat menggunakan motor modifikasinya/ Foto: Instagram @jokowi
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Lintasan kebanggan Indonesia itu dikunjungi Jokowi bersama rombongannya pada Jumat (13/11/2021).

Sirkuit Mandalika siap dijadikan tuan rumah ajang balap kelas dunia. Jadwal terdekat yang menanti yakni Asian Talent CUP tanggal 12-14 November dan dilanjutkan balapan World Superbika (WSBK) tanggal 19-21 November. Bahkan, trek ini digadang-gadang menjadi lintasan digelarnya MotoGP Tahun 2022 mendatang.

Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer, teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini, seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya Maret 2022 dengan MotoGP,” ungkap Jokowi dalam pidatonya sebagaimana dilansir dari tempo.co, Sabtu (14/11/2021)

Sebelum diresmikan, sirkuit anyar ini sempat dijajal oleh Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia itu mengendarai motor modifikasi Kawasaki W175 saat mengelilingi trek balapan.

Motor yang dimodifikasi dengan gaya Bobber bernuansa Cafe Racer ini mengantarkan Jokowi melewati 17 tikungan Sirkuit Mandalika. Kepala Negara asal Solo itu mengaspal dengan ekstra hati-hati, mengingat kondisi sirkuit yang sempat diguyur hujan sekaligus diwarnai dengan tikungan tajam.

“Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali, di sini kan ada 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya. Kalau untuk pembalap mungkin enggak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit,” tutur Jokowi.

Tak lupa, Jokowi turut menginstruksikan penyelenggara ajang World Superbike (WSBK) agar turnamen dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Ia ingin perhelatan yang pertama kali digelar di NTB ini menorehkan citra dan sejarah yang baik.

“Protokol kesehatan pada WSBK ini jangan kendur, tetap ketat. Ajang balapan ini didampingi Tim Satgas COVID-19. Tata kelola setiap kegiatan juga dijalankan sesuai protokol kesehatan COVID-19.” tegasnya.

Selain lintasan di Sirkuit Mandalika, Presiden juga melakukan peresmian beroperasinya Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) – Mandalika sepanjang 17,3 kilometer. Jalur ini disebut mampu memangkas waktu tempuh antara bandara dengan KEK Mandalika.

“Jalan ini menghubungkan antara Bandara Internasional Lombok dengan kawasan Mandalika, telah selesai dibangun dan digunakan, sehingga jarak tempuh antara bandara dan Mandalika bisa menjadi 15 menit saja,” katanya.

Ia berharap potensi pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB dapat terdorong dengan dibangunnya Sirkuit Mandalika. Presiden meyakini perhelatan bergengsi seperti World Superbike dan MotoGP akan memberi dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Dalam peresmian-peresmiannya, Jokowi didampingi Ketua MPR Bambang Soesatyo. Selain itu, hadir pula sejumlah menteri seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Lalu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Direktur Utama ITDC Abdulbar Mansoer juga turut mendampingi Presiden kala berkunjung ke NTB. Linda Andini Trisnawati.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com