JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Suksesi Pura Mangkunegaran: Bhre dan Paundra Menguat, Roy Rahajasa Bisa Jadi Jalan Tengah dan Alternatif

GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara (kiri atas), KGPAA Mangkunegara IX GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo (kiri bawah) dan KRMH Roy Rahajasa Yamin (kanan). Tiga nama yang disebut sebagai calon Raja Mangkunegaran. Foto: Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Isu suksesi di Praja Pura Mangkunegaran terus bergaung di masyarakat. Setidaknya sudah ada tiga nama yang muncul ke permukaan yang digadang-gadang menjadi penerus KGPA Mangkunegara IX.

Ketiga nama tersebut adalah putra KGPAA Mangkunegara IX GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara, serta cucu Adipati Mangkunegara VIII yakni KRMH Roy Rahajasa Yamin.

Ketiganya adalah trah keturunan dari Mangkunegara dan kesemuanya memiliki peluang untuk tampil sebagai Adipati Mangkunegara. Bhre dan Paundra adalah keturunan langsung dari almarhum Kanjeng Mangkunegara IX, sedangkan Roy adalah cucu dari Kanjeng Mangkunegara VIII.

Bhre Cakrahutama dan Paundrakarna disebut-sebut memiliki peluang yang besar dan menguat mengingat keduanya adalah keturunan langsung dari Almarhum Mangkunegara IX. Sedangkan Roy Rahajasa meski juga keturunan langsung trah Mangkunegara, tetapi yang bersangkutan berasal dari keturunan dari Mangkunegara VIII.

Namun justru Roy Rahajasa bisa menjadi calon alternatif dan jalan tengah dalam situasi seperti sekarang ini. Pasalnya, jika kubu Bhre dan Paundra masing-masing tetap sulit disatukan maka Rahajasa bisa menjadi jalan tengahnya.

Baca Juga :  Survei Cawali Solo 2024: Elektabilitas Teguh Prakosa Paling Tinggi, Disusul Gusti Bhre dan Kaesang

Demikian diungkapkan oleh pengamat sejarah Raden Surojo mengomentari peluang dari sosok pemimpin Pura Mangkunegaran saat ini. “Bhre dan Paundra punya peluang yang kuat, tapi Roy juga bisa menjadi calon. Bahkan dalam posisi ini Roy malah bisa menjadi calon jalan tengah dan sosok alternatif,” ungkapnya usai diskusi publik ‘Menyoal Suksesi di Pura Mangkunegaran. Wahyu Keprabon untuk Siapa?, Jumat (26/11/2021).

Ditambahkan Surojo, Roy Rahajasa Yamin merupakan jalan tengah dalam Suksesi Mangkunegaran juga didukung kemampuannya sebagai entrepreneur yang saat ini dibutuhkan Pura Mangkunegaran karena dalam kondisi kesulitan ekonomi dan membutuhkan kemampuan manajerial di bidang ekonomi.

Surojo menambahkan, Roy seakan berperan seperti pendahulunya KGPAA Mangkunegara VI (bertahta 1896). Mangkunegara VI adalah anak Mangkunegara IV, jadi bukan putra Adipati yang berkuasa sebelumnya. Pasalnya selain jiwa militer, tetapi dikenal sosok yang sangat mumpuni secara manjerial dan pebisnis hebat kala itu.

Suksesi di Mangkunegaran, lanjut Surojo, sangat rasional situasional dan konstektual. Mangkunegara II juga bukan putra Raja Mangkunegara I namun sesuai dengan kebutuhan saat itu.

Baca Juga :  Desak Pemakzulan Jokowi,  Aksi Demo di Depan Balaikota Solo Diwarnai Aksi Bakar Ban

Mangkunegara VI dilantik menduduki jabatan tatkala pada masa Mangkunegara V dilanda krisis ekonomi. “Saat itu Raja Mangkunegara VI berhasil mengatasi krisis bahkan merintis industri sangat maju, seorang kepala pemerintahan dan enterprenuer hebat,” terangnya.

Ditambahkan Surojo sesuai keyakinan Jawa dalam hal suksesi sebuah kerajaan memang ada aturan tidak tertulis yang menjadi acuan. Namun antara Pura Mangkunegaran tidak bisa disamakan dengan Keraton Kasunanan Surakarta yang secara tegas mengatur kalau raja pengganti harus keturunan raja yang berkuasa sebelumnya atau keturunan secara langsung.

“Kalau di Pura Mangkunegaran polanya tidak baku, pengganti pemimpin yang baru meninggal bisa anaknya, bisa cucu bahkan keponakan raja. Tidak harus putra dari raja yang berkuasa seperti Keraton Kasunanan Surakarta,” paparnya.
Yang terpenting, lanjut Surojo, sosok tersebut harus trah dari Mangkunegara bukan dari orang luar. Bisa jadi dalam perjalanan nanti akan muncul calon sosok lain di luar ketiga nama tersebut. Prabowo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com