JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tak Hanya Pandemi Covid-19, Warga Solo Juga Diminta Waspada DBD

Ilustrasi nyamuk. pexels
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo meminta warga Solo untuk waspada penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) pada musim hujan saat ini. Selain itu, warga juga tidak boleh lengah dengan pandemi covid-19 yang belum berakhir.

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan, salah satu hal yang harus diwaspadai untuk penyakit DBD yakni adanya genangan air bersih. Pasalnya, genangan air bersih tersebut dapat memicu sarang nyamuk.

“Pada musim hujan ini yang harus diantisipasi salah satunya genangan air jernih, karena di situ jentik-jentik nyamuk berkembang biak,” paparnya, Kamis (11/11/2021).

Baca Juga :  PDIP dikabarkan  Bakal Merapat ke Prabowo, Begini  Reaksi Gibran

Siti menekankan, penyakit DBD tidak kalah membahayakan dibandingkan covid-19. Terkait hal tersebut, pihaknya terus menggalakkan sosialisasi melalui puskesmas-puskesmas.

“Sosialisasi ini terkait perilaku, bersifat lingkungan, bagaimana dengan mengendalikan kebersihan, tidak ada genangan air apapun tempatnya. Sosialisasi dilakukan lewat kader kesehatan, paling tidak sampai Maret,” paparnya.

Sementara itu, DKK Solo sendiri mencatatkan kasus DBD di Kota Solo mengalami penurunan tahun ini. Sampai dengan tanggal 10 November 2021 ada 39 orang yang terjangkit DBD. Angka ini mengalami penurunan jmdibandingkan tahun lalu sebanyak 73 orang.

Baca Juga :  Berita Duka, Politisi Senior PKS Quatly Abdulkadir Alkatiri Meninggal Dunia, Dimakamkan Hari Ini 

Meski demikian, dari sisi angka kematian untuk tahun ini lebih banyak, yakni sebanyak lima kematian dan tahun lalu tiga kematian.

“Bisa jadi itu karena terlambat penanganan atau saat itu pasien takut ke rumah sakit karena kan masih covid-19. Makanya kami minta masyarakat untuk deteksi cepat, apalagi fasilitas kesehatan di Solo kan nggak ada yang jauh,” tukas Siti. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com