JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tanah Longsor Dusun Jalakan Desa Hargosari Tirtomoyo Wonogiri, Bangunan Rumah Suranto Rusak Hingga Merugi Belasan Juta

Tanah longsor
Kerja bakti membersihkan sisa material longsor di Desa Hargosari Kecamatan Tirtomoyo Wonogiri. Dok. Kodim 0728
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Bencana alam berupa tanah longsor kembali terjadi di wilayah Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri. Sebelumnya bangunan talut ambrol hingga mengakibatkan sejumlah warga diungsikan.

Terkini, tanah longsor melanda di Desa Hargosari. Satu rumah warga rusak diterjang material longsor.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut. Namun demikian kerugian ditaksir mencapai belasan juta rupiah.

Material tanah longsor menimpa sebagian rumah milik Suranto. Alamatnya di Dusun Jalakan RT 4 RW 3 Desa Hargosari Kecamatan Tirtomoyo Wonogiri, Jumat (19/11/2021).

Piket Koramil 07/Tirtomoyo Serma Lexy Sanu mengungkapkan, dirinya mendapat laporan dari warga bahwa ada bencana alam tanah longsor Jalakan yang terjadi sekitar pukul 00.15 WIB. Setelah mendapatkan laporan dirinya bergegas mengecek ke lokasi kejadian.

Baca Juga :  Launching Film Lembah Manah Asli Karangtengah Wonogiri, Apik dan Epik Meski Low Budget Crew dan Peralatan Terbatas

Upaya yang dilakukan olehnya melaporkan kejadian tersebut. Sekaligus berkordinasi dengan perangkat desa serta instansi terkait untuk melaksanakan karya bakti membersihkan material longsor Jalakan yang menimpa dapur rumah.

Serma Lexy mengatakan, hujan deras yang terjadi dari pukul 17.30 WIB hingga malam hari, mengakibatkan tanah tebing belakang rumah yang tidak dapat menahan debit air longsor. Sehingga menimpa bangunan dapur Suranto.

Baca Juga :  Bencana Tanah Longsor di Sumber Nguneng Puhpelem Wonogiri, Lokasi Terus Dimonitor

Babinsa menjelaskan, akibat bencana alam tanah longsor tersebut kerugian materiil yang dialami Suranto sekitar Rp15 juta.

Sementara itu, Danramil Kapten Cba Suparna mengatakan, hari ini anggota Koramil 07/Tirtomoyo bersama dengan perangkat desa, relawan, masyarakat sekitar dan anggota Polsek Tirtomoyo melaksanakan karya bakti pembersihan tanah longsor.

Dengan adanya bencana alam yang terjadi, Danramil berharap warga lebih meningkatkan kewaspadaan apabila hujan turun dengan intensitas yang tinggi. Langkah ini perlu untuk semaksimal mungkin mengurangi dampak bencana yang terjadi. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com