JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Ternyata Dana Darurat Perlu Dipersiapkan Sejak Lama Lho! Simak Alasan Berikut!

Ilustrasi menabung. Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Di tengah meningkatnya literasi finansial masyarakat, pembicaraan yang sering terjadi adalah mengenai kesadaran akan pentingnya perencanaan terhadap dana darurat. Apalagi seperti pandemi covid-19 yang sudah terjadi hampir dua tahun.

Dana darurat adalah sebuah dana alokasi uang yang digunakan untuk keperluan saat keadaan genting yang tidak bisa diprediksi kapan keadaan tersebut. Hal tersebut mempunyai beberapa faktor, baik disebabkan oleh bencana atau hal lain yang bisa menganggu arus kas dalam perencanaan keuangan.

Oleh karena itu, dana darurat sangat diperlukan dalam kehidupan. Jika tiba-tiba terjadi sesuatu tidak perlu khawatir lagi karena telah memiliki dana darurat. Dana darurat ini akan menjadi sumber dana dalam menghadapi kondisi yang tidak terduga seperti biaya hidup yang semakin mahal, terkena PHK, biaya pengobatan, biaya perawatan pasca kecelakaan, ataupun yang lainnya.

Bagi sebagian orang yang belum memiliki ataupun merencanakan dana darurat, di bawah ini akan dipaparkan beberapa alasan mengapa harus memiliki dana darurat sejak dini dilansir melalui republika.co.id

Baca Juga :  6 Rekomendasi Merk Sirup Terbaik dan Populer di Indonesia

1. Membiayai kebutuhan saat mendesak: Kebutuhan mendesak bisa datang kapan saja, contohnya saat pandemi seperti sekarang. Hal-hal yang tidak diinginkan seringkali terjadi baik dari segi kesehatan atau finansial yang lain. Pada masa di luar pandemi pun, kemungkinan kebutuhan mendesak pun tidak akan hilang. Oleh karena itu pentingnya menyiapkan dana darurat, karena dalam keadaan mendesak sekalipun sudah menyiapkan dari jauh-jauh hari.

2. Mencegah utang: Dana darurat yang dimiliki dapat membantu dalam mencegah atau menambah utang. Sehingga seseorang tidak perlu lagi repot meminjam uang guna memenuhi kebutuhan karena ekonomi yang sulit. Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena tidak perlu meminjam uang dan terbebas dari jeratan utang piutang. Apalagi dimasa sulit seperti sekarang ini, dana darurat tentunya sangat membantu bagi seseorang yang memiliki gaji yang tidak banyak.

3. Mencegah belanja konsumtif: Memiliki pengaturan dana darurat ternyata bisa mengurangi kebiasaan berbelanja dari barang-barang atau jasa konsumtif. Hal tersebut dikarenakan sejumlah dana telah dipiaahkan terlebih dahulu untuk dana darurat. Dengan begitu, uang yang sudah disimpan tidak dihambur-hamburkan untuk membeli suatu hal yang tidak penting.

Baca Juga :  6 Rekomendasi Merk Sirup Terbaik dan Populer di Indonesia

4. Dana masa depan menjadi lebih aman: Memiliki dana darurat bisa membuat seseorang mengamankan harta jika ada kebutuhan mendesak yang perlu ditangani. Dengan dana darirat, tabungan pensiun pun tetap dapat digunakan jika keadaan sedang mendesak.

5. Pikiran menjadi lebih tenang: Hal yang paling penting dan dirasakan ketika memiliki dana darurat adalah pikiran menjadi lebih tenang karena semuanya sudah tersusun dengan rapi. Dana darurat yang solid dapat meyakinkan diri untuk dapat mengelola pengeluaran yang tidak terduga dan karenanya fokus pada pekerjaan saat ini. Selain itu, seseorang juga lebih fokus dalam meningkatkan kualitas pada bidang kehidupan lain sehingga mampu semakin meminimalkan tekanan finansial. Inasya Salma Nabila

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com