JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Tips Memilih Mangga Ranum, Salah Satunya Tercium dari Wanginya

Buah mangga. Foto: Pexels
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Saat ini merupakan musim mangga, buah yang rasanya manis ini dengan mudah kita jumpai di supermarket, pasar maupun pedagang buah di pinggir jalan.

Di Indonesia pohon mangga dapat tumbuh dengan baik, jenisnya pun berbagai macam, seperti harum manis, gadung, manalagi dan masih banyak lainnya.

Meskipun saat masih muda rasanya asam, tetapi jika sudah tua dan matang rasanya akan berubah menjadi sangat manis.

Saat membeli buah mangga, bagi sebagian orang tidaklah mudah memilih mangga yang sudah tua dan matang secara sempurna. Berikut ini ada cara atau tips memilih mangga matang.

Berdasar informasi yang dikemukan Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika menuliskan di tiap 100 gram mangga, kandungannya berubah seiring kematangan mangga.

Diketahui kandungan dalam mangga ranum terdapat 84 persen air, vitamin C sebanyak 41 mg , dan 73 kalori energi, dan mangga muda mengandung 84 persen air, vitamin C sebanyak 65 mg , dan 66 kalori energi.

Berikut ini tips memilih mangga yang matang:

1. Wangi mangga

Indikator wangi dapat membantu memilih mangga yang kondisinya sudah matang. Reaksi wangi pada buah ini alibat reaksi etilen.

Mengutip dari laman sarkarisfocus.com, menjelaskan reaksi etilen merupakan bagian dari proses enzim hidrolase di dalam buah mangga, etilen merupakan gas hidrokarbon sederhama yang masak dan kemudian dilepaskan ke atmosfer.

Selanjutnya, hidrolase yang bekerja sebabkan respon pematangan yakni pemecahan klorofil akibatnya kulit buah berubah warna menjadi merah, kuning, atau biru. Asam dipecah sehingga buah berubah dari asam menjadi netral.

2. Tekstur daging mangga

Tidak ada salahnya memilih mangga dengan melihat kondisi kematangan dagjng buah, cara yang dalat dilakukan yakni dengan meremas daging buah mangga cukup keras, jika daging mangga agak terasa lembut dapat dipilih.

3. Warna

Warna pada buah memang menjadi indikator lain melihat kematangan, namun di sisi lain perubahan warna dipicu oleh berbagai reaksi internal dan eksternal buah.

Buah mangga yang sudah tidak lagi hijau, jadi tampak kuning, agak memerah, bukan sebab faktor tunggal tanda kematangan, bisa juga disebabkan karena paparan matahari yang berlebih, dikutip dari laman mango.org.

4. Lihat ujung tangkai

Mangga matang juga bisa dilihat dari tangkai buah, mangga matang biasanya punya batang buah hitam, dikutip dari laman agrotani.com menjelaskan warna hitam tersebut merupakan reaksi getah yang mengering.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com