JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Undian Babak 10 Besar Liga 3 Jateng, Persika Karanganyar Berada di Grup Neraka. Akankah Mampu Melenggang?

Foto ilustrasi: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Perhelatan 10 Besar Liga 3 Jateng segera dimulai pekan ini,  setelah PSSI Asprov Jateng mengundi 10 besar kesebelasan dalam grup F dan grup G, Senin (15/11/2021) di Semarang.

Kini Persika Karanganyar masuk dalam grup F alias grup neraka karena harus  menghadapi tim kuat dan tangguh.

Grup F terdiri dari kesebelasan Persak Kebumen, Persika Karanganyar, PSIR Rembang, PSIP Pemalang dan PSISa Salatiga.

Sedangkan grup G terdiri dari Persipa Pekalongan, Persekap Pekalongan, Persibat Batang, Persipa Pati dan Persebi Boyolali.

Merunut track record perjalanan lima kesebelasan itu, boleh dikata Persika lolos kebabak 10 besar tak lepas dari faktor keberuntungan,  yakni faktor head to head yang dalam Pasal 24 regulasi Liga 3 Jateng mengatur lima kriteria jika terjadi klub dengan poin sama.

Artinya,  perjalanan menuju 10 Besar itu cukup berat bagi Persika karena hanya dua kali menang dan tiga kali seri meskipun permainan Persika baik dan menyenangkan. Kini Persika harus menunggu bertanding digrup F di Stadion Temanggung untuk  bisa merebut minimal Runner Up Grup F dan syukur bisa menjadi juara grup F.

Baca Juga :  Sopir Asal Tangerang Tak  Kuasai Medan, Mobil Cary Terperosok di Jurang Ngargoyoso, Karanganyar

Ketua Umum Persika Karanganyar, Prihanto mengatakan pada prinsipnya memasuki babak 10 Besar semua punya harapan dan ambisi menang.

“Bagi kami babak 10 Besar ini harus meningkatkan kualitas pemain dan permainan maka kami fokus dan optimis bisa sampai juara grup,” tandasnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Prihanto menegaskan, pihaknya komitmen tidak menggunakan pemain baru karena bagi Persika perjuangan menuju 10 Besar itu adalah perjuangan bersama maka tetap memakai pemain sebelumnya.

Sementara itu Anggota Wacth Commission Asprof PSSI Jateng saat ditemui JOGLOSEMARNEWS.COM mengatakan,  pada laga 10 besar ini hanya dicari empat kesebelasan saja di partai semi final dan final. Adapun yang berhak maju dipartai semi final dan final hanyalah empat kesebelasan yakni juara grup dan Runner up grup F dan grup G.

Selanjutnya pada semi final PSSI akan melakukan partai silang yakni juara grup F melawan Runner Up Grup G, sedangkan juara grup G melawan Runner Up grup F.

Baca Juga :  Kreatif Cerdas Lur!  Bupati Juliyatmono Kebut Vaksinasi 100% dengan Iming-iming -Hadiah Sepeda Motor

“Kita lihat saja bagaimana nanti siapa juara grup dan Runner up grup terlebih dulu,” ungkapnya.

Setelah semi final dilalui, maka dua kesebelasan yang menang akan bertanding dipartai final merebut juara 1 dan juara 2, sedangkan dua kesebelasan yang kalah akan bertanding merebut juara 3 dan juara 4.

Selanjutnya dari empat grup itu masih berdebar-debar menunggu kuota dari Liga 3 PSSI Nasional untuk diambil 64 kesebelasan.

Adapun 64 klub itu berasal dari seleksi Liga 3 Jawa dan luar jawa termasuk Sumatra, Kalimantan,  dan Nusa Tenggara.

“Yang mendebarkan disinilah yakni berapa kuota untuk perwakilan Liga 3 Jateng yang maju ke64 besar dan itu kuota yang berhak mengatur adalah PSSI,” ungkapnya.

Pengaturan kuota itu lanjut Tugimin berdasar jumlah klub saat di liga provinsi karena Liga 3 Jatim diikuti 99 klub dan Liga 3 Jateng hanya 26 klub belum lagi yang lainnya. Beni Indra

Bagi Halaman