JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri Bakal Dilengkapi Green Belt, Rencananya Ditanami Pohon Buah untuk Warga Sekitar

Untuk pemanfaatan tanaman bakal dibentuk kelompok warga. Merekalah yang berhak mengelola sekaligus merawat tanaman produktif itu.

Di samping itu, sekeliling jalan dekat green belt bisa dimanfaatkan untuk penambah penghasilan warga. Yakni dengan mendirikan warung, kerajinan, pusat oleh-oleh dan usaha menjanjikan lainnya.

Sementara itu, Waduk Pidekso saat ini masih dalam proses penggenangan atau pengisian air. Tinggi muka air (elevasi) pada Rabu lalu (24/11) sudah mencapai 174,5 meter dari permukaan laut (mdpl). Adapun elevasi tertinggi apabila waduk sudah penuh mencapai 185 meter mdpl.

Baca Juga :  Polisi Wonogiri Bersenjata Lengkap Sasar Pasar Kota Wonogiri dan Toko Mas, ini Faktanya

Di sisi lain, sekeliling Waduk Pidekso juga sedang dibangun jalan lingkar relokasi. Jalan lingkar relokasi itu untuk memberikan akses baru kepada masyarakat sekitar waduk. Pasalnya, sebagian jalan yang lama akan terendam Waduk Pidekso.

Total panjang jalan lingkar tersebut mencapai 13,3 kilometer. Terbagi atas jalan lingkar kiri sepanjang 2,8 kilometer dan jalan lingkar kanan sepanjang 10,5 kilometer. Jalan lingkar kiri melewati Desa Sendangsari, sedangkan jalan lingkar kanan melalui Desa Pidekso.

Baca Juga :  Nasi Gandul di Wonogiri, Rasanya Nggandul Antara Gulai Tongseng Soto dan Rawon, ini Buktinya

Proyek pembangunan Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri mulai dikerjakan sejak 2018 dengan total dana sekitar Rp 700 miliar. Semula, pembangunan waduk ditargetkan selesai pada Desember 2022. Namun, targetnya dipercepat menjadi Desember 2021. Aris

Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua